Tahun Ini Tidak Ada Perayaan Cap Go Meh di Kota Manado

Perayaan Cap Go Meh tahun lalu di Kota Manado

MANADO, (manadotoday.co.id) – Perayaan Imlek yang identik dengan Cap Go Meh atau dikenal akrab dengan sebutan Tapikong oleh masyarakat Kota Manado tampaknya tidak akan semeriah tahun-tahun sebelumnya.

Pasalnya, Perhimpunan Tempat Ibadah Tridharma (P.T.I.TD) dan Majelis Rohaniawan Tridharma (Matrisia) Komwil Kota Manado telah menyurat ke Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Manado bahwa Acara Pisah Sambut Malam Tahun Baru Imlek 2572 dan Acara Prosesi Keluar Goan Siau/Cap Go Meh tidak akan dilaksanakan dikarenakan pandemi Covid-19.

Kepala Dispar Kota Manado Lenda Pelealu mengatakan, tidak adanya perayaan Imlek di tahun 2021 ini sungguh sangat disayangkan dikarenakan acara keagamaan tersebut selalu dirayakan dengan meriah oleh Wali Kota G.S Vicky Lumentut. Apalagi, Imlek selalu jadi event keagamaan yang selalu ditunggu-tunggu masyarakat serta menarik perhatian wisatawan domestik maupun mancanegara.

“Yah memang sangat disayangkan, tapi P.T.I.TD dan Matrisia sudah menyurat bahwa tahun ini tidak ada acara pisah sambut perayaan tahun baru Imlek dan Cap Go Meh karena pandemi Covid-19. Mungkin umat Tridharma dapat merayakan Imlek di rumah masing-masing dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan,”ujar Pelealu, Rabu (10/2/2021).

Ia berharap, pandemi Covid-19 cepat berlalu agar tahun depan Imlek dapat kembali dirayakan dengan meriah.

“Saya harap dengan masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan, pandemi ini cepat berlalu supaya Imlek tahun depan bisa kembali dirayakan,”tukas Pelealu.

Sekadar informasi, perayaan Tahun Baru Imlek jatuh pada hari Jumat (12/2/2021).(ryan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.