Tahun 2021 Segera Berakhir, Dinas Perkim Manado Masih Minim Inovasi

Tahun 2021 Segera Berakhir, Dinas Perkim Manado Masih Minim Inovasi

MANADO, (manadotoday.co.id) – Penyelenggaraan Inovasi Daerah memiliki tujuan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan publik serta mendorong pemberdayaan dan peran serta masyarakat.

Artinya, inovasi daerah merupakan salah satu instrumen pendukung yang penting untuk mewujudkan salah satu tujuan hadirnya pemerintah di tengah masyarakat yakni kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

Dalam kegiatan Presentasi Inovasi Daerah yang digelar oleh Bapelitbangda Kota Manado di Balai Kota, Selasa (7/9/2021), terungkap daftar perangkat-perangkat daerah yang mau berinovasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam daftar, urutan terakhir ditempati Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim). Mirisnya, meski punya inovasi dengan nama ‘Si Perkim’, namun nilai kematangannya 0,00. Padahal, tahun 2021 segera berakhir, dalam artian ada banyak waktu dari Januari hingga Agustus bagi Dinas Perkim untuk mematangkan inovasi yang mereka rencanakan.

Hal itu pun berbanding terbalik dengan Dinas PUPR dengan inovasi Tim Pengawasan dan Pengendalian Ruang yang menempati urutan pertama dengan nilai kematangan 129,00, disusul Dinas Perdagangan dan Bapelitbang.

Merespon hal tersebut, Wakil Wali Kota Richard Sualang mengatakan, perangkat daerah yang minim inovasi ini harus didorong agar bisa menghasilkan program-program demi kesejahteraan masyarakat.

“Tapi kalau implementasinya di lapangan tidak berguna bagi masyarakat yah itu menjadi pekerjaan rumah bagi kita maupun perangkat daerah itu sendiri,”kata Sualang.

Namun disayangkan, Kepala Dinas Perkim Deasy Lumowa saat akan diminta keterangan pada Rabu (8/9), terkait kendala mengapa instansi yang dipimpinnya mendapat nilai 0 untuk inovasi daerah dan kiat-kiat ke depan untuk perbaikkan lewat pesan singkat maupun panggilan telepon tidak direspon oleh yang bersangkutan.(ryan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.