Advertisement

Sekda Lakat Optimis DP3A Manado Mampu Boyong Penghargaan KLA dan APE

Advertisement

Sekda Micler Lakat saat menghadiri penilaian verifikasi lapangan untuk penghargaan Anugrah Parahita Ekapraya (foto: Ist)

MANADO, (manadotoday.co.id) – Sekretaris Daerah Micler Lakat yakin Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan (DP3A) Anak Kota Manado dibawah kepemimpinan Kepala Dinas Esther Mamangkey mampu memboyong penghargaan Kota Layak Anak (tingkat Nindya) dan Anugrah Parahita Ekapraya (APE) dari Kementrian PPPA.

Sekda Lakat menyebut, untuk penghargaan Kota Layak Anak (KLA) bisa dikatakan sudah digenggaman, tinggal Anugrah Parahita Ekapraya yang perlu kerja keras dari DP3A Kota Manado.

“Untuk Parahita Ekapraya pada dasarnya untuk pengarusutamaan gender, nah Kota Manado sudah lewat angka kerena dua pimpinan dewan perempuan begitu juga anggotanya, di perangkat daerah kita juga tujuh yang jadi kepala, PNS banyak yang perempuan. Artinya berimbang antara pria dan wanita. Itu salah satu syaratnya,”kata Lakat, Selasa (30/3/2021).

Selain itu kata dia, ada juga persyaratan di mana setiap perangkat daerah harus punya karya nyata atau program di tiap kelurahan.

“Waktu verifikasi lapangan itu saya jelaskan Bapelitbang punya program hidroponik di Sindulang, Dinas P2KB ada program Caturbina, Dinas Koperasi juga ada UMKM. Kemungkinan dapat Parahita jadi lebih besar karena kita juga punya Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA), di lapangan Tikala ada itu,”tuturnya.

Lanjutnya mengatakan, penilaian road show seluruh Indonesia untuk Kota Layak Anak mulai tanggal 2 April sementara Anugrah Parahita Ekapraya dimulai saat verifikasi lapangan pada tanggal 29 Maret.

“Jadi ada dua penghargaan yang akan kita rebut, meski memang untuk Anugrah Parahita Ekapraya perlu kerja ekstra karena memang tidak mudah itu,”tukas Sekretaris Daerah Micler Lakat.(ryan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.