Second Chance Café Dibuka, Inspire Apresiasi Perhatian GSVL Kepada Mantan Narapidana

"Kami senang sekali mendapat dukungan dari pemerintah daerah Bapak Vicky Lumentut (Wali Kota Manado"

Second Chance Café Dibuka, Inspire Apresiasi Perhatian GSVL Kepada Mantan Narapidana. (Ist)

MANADO, (manadotoday.co.id) – Menurut sebuah penelitian di Inggris, 80 persen mantan narapidana pada akhirnya akan kembali kepenjara dengan alasan banyak dari mereka tidak mendapat kesempatan bekerja karena minimnya sektor yang bersedia memperkerjakan orang-orang dengan catatan kelam seperti mereka.

KPU TOMOHON

Sebagai organisasi yang berfokus pada pengembang anak muda lewat sepak bola, Inspire telah melatih dan mengajarkan nilai- nilai melalui olahraga sepak bola dan futsal selama 13 tahun. Dan dalam 18 bulan terakhir ini Inspire mengembangkan salah satu program utama yang dinamakan Second Chance Academy yang berfokus pada perubahan kehidupan para penghuni lapas.

Inspire percaya bahwa keputusan buruk di masa lalu seharusnya tidak menentukan masa depan kita, dan itulah mengapa Inspire berinvestasi dalam program Second Chance.

BAWASLU TOMOHON

Sebagai tindak lanjut dan dalamrangka menginspirasi masyarakat sekitar, Inspire bekerja sama dengan Kopi Seru membuka Second Chance Café di Kawasan Mega Mas (lokasi tepatnya di seberang kantor Dinas Pariwisata). Semua operasional dan pembuatan kopi akan ditangani oleh para Barista yang direkrut dari Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Tuminting, Manado yang telah mengikuti pelatihan.

“Kami senang sekali mendapat dukungan dari pemerintah daerah Bapak Vicky Lumentut (Wali Kota Manado), Bapak Hendrik Warokka (Kadisperindag Manado) dan semua jajaran yang terlibat. Ketika kami melatih di penjara dan mendengar kisah-kisah yang mengubah kehidupan para pemuda ini, kami tahu Inspire harus membantu mereka kembali ke masyarakat dengan menawarkan program magang di Kafe Kesempatan Kedua (Second Chance Café) guna memberi mereka kesempatan menuju kehidupan baru. Saya sangat berterima kasih atas kemitraan dengan Disperindag Manado yang menaungi IKM- UMKM sehingga Second Chance Café boleh ada hari ini, serta semua orang yang bekerja di Lapas Tuminting yang telah begitu mendukung,” ujar Hein Hoekstra dari Inspire Manado.

Second Chance Café akan menyajikan varian minuman Kopi Seru – merek baru yang diharapkan akan populer di Manado. Semua keuntungan dari kafe akan disalurkan kembali ke dalam pekerjaan Inspire yang menggunakan pengaruh sepak bola untuk membawa perubahan positif dalam diri kaum muda dan komunitas.

Pontowuisang Kakauhe, Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Manado sangat bersemangat bermitra dengan Inspire untuk memberikan kesempatan kedua bagi mantan narapidana.

“Inspire telah berdampak di dalam penjara, dan sekarang kami membantu mereka dalam upaya yang kita semua bisa lihat sangat dibutuhkan untuk membantu para pemuda ini agar tidak kembali melakukan pelanggaran hukum,”kata dia.(press release)

Leave A Reply

Your email address will not be published.