Kiat Mengelola Bisnis Secara Online di Tengah Pandemi

Wulan Dinda Raharjo

Oleh: Wulan Dinda Raharjo

PANDEMI Covid-19 mengubah banyak sendi-sendi kehidupan, mulai dari kebiasaan sampai gaya hidup.

Saat mobilitas dibatasi dan kerumunan dilarang, roda perekonomian menunjukkan perlambatan. Pusat-pusat perbelanjaan berubah sepi. Membawa pengaruh besar dalam dunia bisnis.

Bisnis-bisnis yang bergerak di sektor pariwisata dan transportasi seakan mendapat pukulan telak. Bahkan, tidak sedikit bisnis offline yang mengeluhkan penurunan omzet signifikan.

Kondisi ini membuat banyak pelaku usaha yang dulunya offline mulai berbondong-bondong menjamah dunia digital. Bisnis-bisnis online baru bermunculan. Kompetisi di ranah digital pun terasa semakin ketat.

Tanpa memahami bagaimana cara mengelola bisnis online dengan baik, go online saja tidak cukup untuk memperbaiki keuangan bisnis yang kian menipis.

Mengelola bisnis di masa seperti ini, dengan cara yang baru, tentunya tidak mudah. Perubahan yang cukup signifikan mulai dari keuntungan, modal dan lain sebagainya, jika dikelola dengan cara yang salah malah akan membuat bisnis bukannya untung malah buntung.

Oleh karena itu, berikut saya bagikan cara mengelola bisnis di masa pandemi secara online:

Meningkatkan produk yang dijual

Meningkatkannya dengan cara membuat produk yang dijual lebih menarik. Contohnya dapat membuat varian yang baru dan lebih menarik, kita bisa menarik para konsumen yang datang walaupun modal yang dikeluarkan cukup besar.

Memanfaatkan media sosial

Media sosial menjadi salah satu media yang sangat potensial untuk menjual produk yang kita miliki. Lewat media sosial kita dapat lebih mudah menyampaikan informasi terkait produk yang dijual, cara ini bisa membuat bisnis kita menjadi lebih mudah dijangkau konsumen.

Kita bisa melakukan live atau siaran langsung di media sosial seperti Facebook atau Instagram untuk dapat berinteraksi langsung dengan pembeli atau memasang iklan di kedua platform tersebut. Atau bahkan kita bisa memanfaatkan media online untuk mempromosikan produk yang kita jual.

Diskon atau promo

Diskon atau promo adalah salah satu strategi untuk menarik perhatian pembeli. Namun perlu teknik tersendiri untuk menghitungnya.

Dengan cara ini kita bisa menarik konsumen karna harganya yang murah. Cara ini sangat ampuh menarik pelanggan baru dan meningkatkan produk yang dijual. Selain untuk memancing pelanggan baru kita juga bisa meningkatkan loyalitas pelanggan lama karna memberikan potongan harga ketika mereka melakukan pembelian dengan nilai tertentu.

Penulis adalah seorang mahasiswi di Universitas Negeri Manado, Fakultas Ekonomi, Program Studi Akuntansi