Ini 10 Trik Hasilkan Foto Keren Tanpa Editan dengan Alat Sederhana

10 Trik Hasilkan Foto Keren Tanpa Editan dengan Alat Sederhana (foto: Freepict)

MANADO, (manadotoday.co.id) – Mungkin anda pernah berpikir, bagaimana cara fotografer mengambil gambar objek orang atau barang hingga bisa menghasilkan foto yang bagus, unik dan terlihat profesional.

Ternyata, untuk menghasilkan foto bagus dan unik, barang sederhana seringkali menjadi andalan para fotografer. Propertinya pun tidak perlu yang mahal, sebaliknya, mereka hanya menggunakan barang-barang di sekitar yang bisa anda temukan dengan mudah.

Selain itu, keunikan juga menjadi nilai lebih dari sebuah foto. Keunikan bisa didapat dengan mengandalkan pose atau mengunggulkan keunikan objek yang di bidik. Keunikan foto juga bisa didapat dengan mengandalkan trik kreatif fotografi. Apa saja barang sederhana yang bisa digunakan dan bagaimana triknya?

Berikut 10 Trik Fotografi dengan Alat Sederhana yang bisa anda gunakan:

1. Memanfaatkan Aluminium Foil

Anda pasti pernah melihat foto dengan latar belakang kilauan cahaya, bukan? Foto unik seperti ini tidak harus diambil dengan latar belakang gemerlap lampu sungguhan. Anda bisa mengakalinya dengan menempatkan alumunium foil yang telah diremas sebagai background. Setelah itu, arahkan lampu sorot pada aluminium foil hingga cahaya gemerlap terpantul dari permukaannya.

2. Gunakan Saringan

Pernah melihat foto dengan bayangan jaring-jaring? Untuk mendapatkan hasil foto seperti ini, Anda tidak butuh banyak properti. Anda hanya perlu menempatkan saringan tepat di bawah lighting. Atur sedemikian rupa sehingga cahaya yang menerobos saringan terkena model atau objek yang akan dibidik.

Agar hasil yang didapatkan maksimal, Anda bisa menggunakan pencahayaan yang hangat, yaitu menggunakan sorot lampu kuning. Opsi lainnya, Anda bisa menggunakan cahaya matahari sebagai sumber pencahayaan.

3. Filter Kacamata

Filter kamera sudah umum digunakan untuk mempercantik hasil bidikan. Namun, bagaimana dengan filter manual dari kacamata? Anda bisa mencoba meletakkan kamera tepat di belakang lensa kacamata. Anda bisa memilih kacamata dengan lensa warna untuk menghasilkan filter foto. Saat membidik gambar, Anda juga bisa memperlihatkan sedikit bagian frame kacamata agar foto yang dihasilkan lebih aesthetic.

4. Potongan Kertas

Trik fotografi dengan barang sederhana satu ini mungkin tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya. Hanya dengan menggunakan potongan kertas, Anda bisa menghasilkan foto anti mainstream. Caranya, potong kertas sedemikian rupa hingga saat diarahkan ke sumber cahaya, siluet bayangan akan terbentuk mengikuti pola kertas. Siluet bayangan inilah yang harus diarahkan pada objek untuk memberikan kesan berbeda.

5. Kembang Api

Potret indahnya kembang api seringkali susah diambil karena bentuk percikan kembang api dan pencahayaan yang tidak tepat. Oleh karena itu, Anda bisa menyiasatinya dengan bantuan kawat. Cukup bentuk kawat sesuai dengan keinginan Anda, lalu lilitkan kembang api mengikuti bentuk awat.

Untuk pencahayaannya, Anda bisa mengatur pada kamera ponsel Anda baik untuk mode fireworks atau untuk efek malam. Pastikan pula fokus objek sudah diatur sedemikian mungkin untuk bisa melihat percikan kembang api dengan tajam. Terakhir matikan flash agar sumber cahaya terfokus pada kembang api dan menghasilkan gambar yang bagus.

6. Letakkan Kamera Menempel di Plafon

Trik ini sangat berguna jika Anda ingin mengambil foto dari atas dengan lebih mudah. Hanya saja kekurangannya, anda akan sulit mengontrol hasil bidikan kamera karena tidak bisa melihat layar secara langsung. Trik fotografi unik ini akan menghasilkan gambar mengesankan dengan bird eye view (pandangan dari atas)

7. Cincin untuk Frame Romantis

Saat Anda ingin menghasilkan foto romantis bersama pasangan, Anda bisa memanfaatkan cincin sebagai frame. Cukup letakkan cincin berdekatan dengan lensa dan atur fokus objek agar cincin terlihat jelas. Setelah itu,atur posisi agar Anda dan pasangan terlihat tepat di tengah-tengah cincin.

8. Frame dari Buku

Selain cincin, Anda juga bisa memanfaatkan buku sebagai frame foto. Gunakan beda sederhana yang bisa dengan mudah ditemukan ini untuk membantu membuat gambar yang atraktif. Anda bisa mencoba membentuk hati dari dua halaman buku yang ditekuk. Setelah itu, posisikan kamera tepat di ujung buku.

9. Kaleng Berlubang

Anda bisa memanfaatkan kaleng yang telah dibuang bagian tutup dan dasarnya untuk menghasilkan foto menarik layaknya di terowongan. Jangan lupa untuk memberikan lubang pada bagian tepi kaleng agar ada ilusi cahaya yang masuk. Anda bisa mendapatkan hasil jepretan yang mengesankan dengan hanya berbekal peralatan fotografi HP sederhana.

10. Gunakan Objek Kecil Sebagai Properti

Trik fotografi dengan barang sederhana lain yang bisa Anda coba adalah menggunakan objek kecil, seperti boneka atau karakter lain sebagai properti. Anda bisa meletakkan objek kecil berdekatan dengan kamera, sedangkan model berada lebih jauh sehingga menghasilkan efek seolah ukuran objek sama dengan ukuran model.

Nah, agar trik ini bisa menghasilkan foto yang maksimal, anda perlu menggunakan kamera berlensa makro. Lensa jenis ini berguna untuk memastikan fokus pada objek jarak dekat, namun tetap tidak kehilangan fokus pada objek yang jauh.

Anda tidak perlu menggunakan kamera DSLR untuk menghasilkan foto yang mengesankan. Anda cukup mengandalkan Infinix Note 10 yang memiliki lensa makro cukup mumpuni. Selain itu, ponsel satu ini juga dilengkapi 3 lensa lain untuk menghasilkan gambar atraktif, seperti lensa beauty, bokeh, dan AI. Jadi semua trik di atas bisa dicoba hanya berbekal kamera ponsel saja.

Kalau tertarik membeli Infinix Note 10, Anda bisa membuka aplikasi Blibli. Anda dapat temukan berbagai toko online yang menjual berbagai jenis ponsel dengan detail spesifikasi lengkap. Dapatkan berbagai penawaran special, promo dan fitur menarik lainnya dari marketplace terbaik ini.

Anda dapat membeli ponsel, perlengkapan ponsel dan aneka kebutuhan sehari-hari lainnya. Anda tinggal membuka aplikasi, membuat akun dan bisa langsung berbelanja. Gunakan Blibli untuk menemukan ponsel kamera terbaik seperti Infinix Note 10 dan berbagai item menarik lainnya.(*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.