Cetak Sejarah Baru, FPK Kota Manado Hibahkan Lagu Mars ke Kemendagri

Cetak Sejarah Baru, FPK Kota Manado Hibahkan Lagu Mars ke Kemendagri

MANADO, (manadotoday.co.id) – Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kota Manado berhasil mencetak sejarah baru di tahun 2020. Tepat pada tanggal 2 Desember 2020, Mars FPK Kota Manado resmi dihibahkan ke Direktorat Bina Ideologi, Karakter dan Wawasan Kebangsaan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk dijadikan Mars FPK Nasional.

KPU TOMOHON

Hibah tersebut berdasarkan berita acara serah terima nomor: 431/5304/POLPUM yang ditandatangani Ketua FPK Kota Manado Albert Wusyang dan Direktur Bina Ideologi, Karakter dan Wawasan Kebangsaan Drajat Wisnu Setyawan tertanggal 2 Desember 2020.

Ketua Albert Wusyang mengatakan, sebelum diminta oleh Kemendagri, Mars ciptaan Kota Manado tersebut telah diperdengarkan dalam pertemuan tingkat FPK Nasional di Banjarmasin, Balikpapan kemudian Manado dan DKI Jakarta secara virtual.

“Beberapa kali dikumandangkan dalam rapat nasional, Mars FPK Kota Manado ini diterima baik oleh FPK kabupaten/kota lain di Indonesia. Kita tidak pernah minta mars ini dijadikan mars FPK Nasional. Tiba-tiba kalau tidak salah tanggal 2 November Kemendagri menyurat agar Mars FPK Kota Manado dihibahkan,”kata Wusyang, Jumat (11/12/2020).

“Merespon surat dari Kemendagri, saya bersama pencipta Mars FPK Manado Joseph Pattymahu Klass dan beberap anggota pergi ke Jakarta menggunakan dana pribadi. Di sana kami menyiapkan beberapa dokumen termasuk surat hibah dan lain-lain untuk ditanda-tangani. Setelah berproses semua, Direktur Politik dan Pemerintahan Umum mengatakan, mulai saat ini setiap ada kegiatan FPK mars FPK ini harus dinyanyikan,”lanjutnya mengatakan.

BAWASLU TOMOHON

Ia bersyukur, karya dari FPK Kota Manado dihargai oleh pemerintah pusat dalam hal ini Kemendagri. Ini adalah sumbangsih FPK Kota Manado untuk bangsa dan negara.

Foto bersama anggota FPK Kota Manado

“Masyarakat Kota Manado harus tahu pada tanggal 2 Desember bahwa Kota Manado pernah menghibahkan lagu mars ke bangsa dan negara. Ini adalah catatan sejarah. Saya juga berterima kasih atas dukungan dari Wali Kota Manado G.S Vicky Lumentut,”ujar Albert Wusyang.

Sekretaris FPK Kota Manado Ramlan Ginting menyebut, FPK Kota Manado dibawah kepemimpinan Albert Wusyang telah mencetak sejumlah prestasi, diantaranya pada tahun 2018 melaksanakan rapat kerja yang begitu luar biasa dan tahun 2020 menghibahkan lagu mars.

Succes story harus kita gali, kita kembangkan ke depan, agar FPK Kota Manado, masyarakat dan pemerintah dapat lebih berprestasi di tingkat nasional,”kata Ginting.

Sementara Joseph Pattymahu Klass selaku pencipta Mars FPK Kota Manado mengatakan, lagu tersebut diciptakan dengan dasar kerukunan, semboyan Bhineka Tunggal Ika dan dasar negara yaitu Pancasila.

“Saya ciptakan lagu ini hanya tiga hari saja. Penyanyinya Alm. Nelton Paransi dan dia yang juga yang bikin musik. Berdasarkan lagu ini kita gambarkan kebhinekaan kita yang membuat negara kita tetap jaya,”ungkap Pattymahu.(ryan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.