Adrey Laikun Bekali Finalis Putra Putri Binsus Tomohon dengan Materi Personal Branding

Adrei Laikun Bekali Finalis Putra Putri Binsus Tomohon dengan Materi Personal Branding

MANADO, (manadotoday.co.id) – Wakil Ketua DPRD Kota Manado Adrey Laikun diundang menjadi pembawa materi dalam ajang Pemilihan Putra Putri Binsus Tahun 2022 yang digelar SMA Kristen 2 Binsus Tomohon, Sabtu (12/11/2022).

Adrey Laikun dihadapan para finalis Pemilihan Putra Putri Binsus Tahun 2022 membawakan materi tentang Personal Branding.

Dalam materinya, Laikun menjelaskan Personal Branding adalah persepsi seseorang yang dibentuk diri sendiri dan apa yang bisa ditawarkan secara profesional saat sekarang ini dan di masa depan, dalam hal ini di mata masyarakat demi mencapai sebuah citra yang positif.

“Personal branding adalah impresi atau kesan yang erat kaitannya dengan keahlian, perilaku, maupun prestasi yang dibangun baik secara sengaja ataupun tidak sengaja dengan tujuan menampilkan citra diri ke orang banyak. Dengan kata lain, personal branding bisa membuat seseorang mengingat kita dengan mudah, dengan cara-cara yang positif bahkan kalau bisa menginspirasi,”jelas alumni angkatan ke-3 SMA Kristen 2 Binsus Tomohon ini.

Lanjutnya menjelaskan, ada tiga hal yang wajib dijawab oleh seseorang sebelum memulai proses personal branding.

“Pertama itu kita harus tanyakan pada diri sendiri, siapa kamu? Nah, bagian terpenting dari personal branding ialah originalitas. Jadilah diri sendiri, tonjolkan hal-hal positif yang diyakini bahwa itu adalah gaya adik-adik sendiri. Kemudian, apa yang sudah kamu lakukan? Seringkali kita tidak sadar telah membangun personal branding kita sedari kecil. Jika kita merasa sudah membangun personal branding yang positif, kita harus konsisten pertahankan itu. Dan yang terakhir adalah apa yang tujuan yang akan kita capai, misalnya karena kita ingin dikenal banyak orang, ingin membangun usaha yang sukses, atau mungkin jadi artis misalnya,”terang Laikun di Aula Asrama SMA Kristen 2 Binsus Tomohon.

Setelah tahu apa itu personal branding dan tahapan inti sebelum membentuk personal branding, Laikun kemudian menjelaskan pentingnya personal branding bagi para generasi-generasi muda yang tidak lama lagi akan terjun ke dunia kerja.

“Bagi anak-anak muda yang baru akan memulai perjalanan karirnya, personal branding sangat diperlukan untuk membangun image baik di mata orang lain. Ini nantinya akan berpengaruh saat kita terjun ke masyarakat, saat kita mencari kerja, membangun sebuah usaha atau bahkan mencalon diri sebagai anggota DPRD. Personal branding jadi salah faktor kritikal bagaimana kita melangkah ke depan,”ujarnya.

Ia menyebut, banyak manfaat yang akan didapatkan ketika seseorang membangun personal branding dengan baik serta menggunakan cara-cara yang positif. Pertama akan mendapatkan kredibilitas dan kepercayaan diri. Kedua punya kejujuran diri karena personal branding berbicara tentang diri sendiri, bukan tentang orang lain dan yang terakhir punya jaringan yang luas dan banyak dikenal orang.

“Hal-hal ini bisa kita capai jika kita bisa menemukan passion kita sendiri, kita bisa menentukan karakter apa yang akan kita tonjolkan serta menjaga reputasi dan konsistensi yang telah kita bangun. Dan yang paling terpenting adalah tidak berbohong, karena sekali lagi, bagian terpenting personal branding adalah originalitas. Lebih baik jujur dengan kondisi saat ini dan biarkan kesederhanaan menjadi faktor unik kamu,”tuturnya.

“Jadi adik-adik, personal branding adalah hal penting yang sangat erat hubungannya dengan kehidupan kita. Personal branding punya dampak luar biasa terhadap kehidupan kita di masa depan nanti. Mau jadi apa kita kedepan itu tergantung dengan apa yang kita lakukan saat ini. Istilahnya itu apa yang tabur hari ini, itu yang kita tuai di masa depan nanti,”pungkas Adrey Laikun.(ryan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.