Jangan Minum Air Berlebihan, Ini Dampaknya Bagi Kesehatan Anda

Jangan Minum Air Berlebihan, Ini Dampaknya Bagi Kesehatan Anda (foto: Pixabay)

MANADOTODAY.CO.ID – Terhidrasi atau mendapatkan pasokan air mineral yang cukup sangat penting bagi tubuh. Manfaat mengkonsumsi air telah diingatkan oleh para ahli sejak lama. Beberapa bahkan merekomendasikan untuk meminum 3 liter air setiap hari.

Tapi sama seperti setiap elemen diet lainnya, overhidrasi atau minum air juga berbahaya bagi tubuh. Ahli gizi Renu Rakheja lewat akun Instagram @consciouslivingtips, menjelaskan apa yang akan anda rasakan jika terlalu banyak minum air.

Dia menjelaskan, overhidrasi dapat menyebabkan penurunan kadar elektrolit, yang dapat menyebabkan sakit kepala, kelebihan berat badan dan kelemahan otot.

Elektrolit meliputi kalium, natrium, dan magnesium. Mereka memiliki peran untuk membuat fungsi jantung dan ginjal tetap sehat.

“Minum terlalu banyak air setiap hari menyebabkan sel anda menjadi terlalu jenuh dengan air saat mereka mencoba untuk menyeimbangkan kembali rasio air dalam tubuh. Selain itu dampaknya juga pada fungsi jantung dan ginjal anda,” kata Rakheja.

Rakheja juga memberikan beberapa tips mengatur asupan air di postingannya tersebut. Dia merekomendasikan minum air hanya ketika haus.

“Anda juga bisa memenuhi asupan dengan mengkonsumsi semangka atau bayam atau sayuran serupa. Air kelapa, teh, kopi, jus juga berkontribusi terhadap jumlah hidrasi yang cukup. Saya juga secara pribadi setuju untuk minum 1,5 liter, tapi sesuaikan dengan kondisis cuaca,”tukasnya.(*/ryan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.