Ini Bahayanya Sering Menahan Smartphone dengan Jari Kelingking

Ini Bahayanya Sering Menahan Smartphone dengan Jari Kelingking (foto: Pixabay)

MANADOTODAY.CO.ID – Seorang wanita memperingatkan kepada orang-orang yang sering menggunakan jari kelingking mereka untuk memegang smartphone mereka, mengatakan kebiasaan dapat merusak tubuh dengan berbagai cara.

Banyak dari kita sering memegang telepon dengan satu tangan, menggunakan tiga jari tengah untuk menopang bagian belakang telepon sementara jari kelingking menahan bagian bawah, membiarkan ibu jari dengan bebas mengusap layar.

Tetapi akunn Twitter dengan nama @MrsBundrige memperingatkan orang-orang agar tidak melakukan hal tersebut. Menurut dia, itu dapat membahayakan pergelangan tangan dengan sesuatu yang disebut sebagai ‘saraf ulnaris’.

“Saya tidak tahu siapa yang perlu mendengar ini, tetapi ketika anda menggunakan ponsel anda, berhenti menggunakan jari kelingking untuk menahannya. Itu dapat merusak pergelangan tangan anda dan memperparah saraf ulnaris Anda,”tulisnya di Twitter.

Wanita itu juga memposting sejumlah artikel untuk mendukung kekhawatirannya.

Pertama, dari Klinik Cleveland yang memaparkan beberapa cedera terkait dengan ‘penggunaan perangkat seluler yang berlebihan’, termasuk sesuatu yang dijuluki ‘teks jempol’.

Menurut Klinik Cleveland, membiarkan ibu jari menggesek layar dan mengetik dapat menyebabkan robekan halus pada otot dan tendon, yang pada gilirannya menciptakan peradangan yang menyebabkan pembengkakan dan kekakuan.

Ahli bedah ortopedi Peter J. Evans, MD, PhD merekomendasikan memvariasikan gaya pengetikan pesan di ponsel, menggunakan jari telunjuk misalnya.

Artikel lain yang dia tautkan adalah dari Healthline, yang mengklaim jari-jari yang paling terpengaruh saat memegang smartphone, tablet, atau pengontrol video game adalah jari kelingking dan ibu jari.

“Dengan ekstensi, pergelangan tangan anda juga dapat dipengaruhi oleh cara anda memegang telepon anda,” jelas artikel di Healthline.

Tekanan konstan pada sendi kelingking saat menahan smartphone atau perangkat lain dapat berdampak pada tendon karena gerakan berulang, mengakibatkan pegal dan peradangan.

Menurut Healthline, gejala jari smartphone – yang juga dikenal sebagai tendinitis – termasuk rasa sakit atau kaku di pangkal jari yang terdampak, bunyi klik saat menggerakkan jari kelingking, kesulitan menggerakkan jari saat bangun di pagi hari dan mati rasa di ujung jari.

Untuk membantu mengatasi masalah ini, anda dapat menggunakan alat pegangan smartphone untuk mengurangi tekanan pada ibu jari dan kelingking atau sekadar mengistirahatkan tangan dari memegang smartphone secara teratur.(*/ryan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.