Dukcapil Manado Siapkan Loket Khusus Bagi Warga Terdampak Bencana

Kepala Dukcapil Julises Oehlers (kiri) didampingi Sekretaris Dukcapil Tenny Rorong (kanan)

MANADO, (manadotoday.co.id) – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Manado akan memberikan perlakuan khusus bagi masyarakat terdampak bencana yang akan mengurus dokumen kependudukan hilang karena banjir ataupun longsor.

Kepala Dukcapil Kota Manado Julises Oehlers mengatakan, pihaknya telah menggelar rapat bersama Bidang Pendaftaran Penduduk dan Seksi Penduduk Rentan terkait hal tersebut.

“Mereka mengatakan prosedur atau aturan menurut undang-undang, pemberian dokumen bagi penduduk terkena dampak bencana yaitu pemberian dokumen sementara setelah setahun baru diberikan dokumen aslinya. Tetapi saya minta coba cari cara untuk percepat pengurusan dokumen administrasi kependudukan (yang hilang/rusak) tanpa menyalahi aturan yang ada. Supaya juga masyarakat kita tidak perlu terlalu lama menunggu,”jelas Oehlers, Selasa (26/1/2021).

Untuk itu ia menyebut, pihaknya akan membuat loket khusus di Kantor Dukcapil Kota Manado bagi warga terdampak bencana yang ingin mengurus dokumen mereka yang hilang atau rusak.

“Kami Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil konsen untuk membantu menyelesaikan secepatnya dokumen administrasi kependudukan dari masyarakat terdampak bencana. Karena kebutuhan mereka misalnya untuk pencairan di bank atau untuk penerimaan bantuan, karena itu secepatnya kita akan siapkan,”tukas Oehlers.(ryan)