Theo Runtuwene Terpilih Aklamasi Direktur Eksekutif WALHI Sulut Periode 2020 -2024

Caption : Kepengurusan DEWAN DAERAH dan DIREKTUR EKSEKUTIF WALHI-Sulut periode 2020 – 2024. (Foto: Istimewa)

BITUNG, (manadotoday.co.id) – Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Sulawesi Utara (Sulut) di akhir penghujung tahun 2020 menggelar Pertemuan Daerah Lingkungan Hidup (PDLH) di Villa Emita Hotel Kota Tomohon – Sulut, sejak tanggal 28 hingga 29 Desember 2020.

KPU TOMOHON

Agenda dengan tema “Pemulihan Sulawesi Utara, Kembalikan Wilayah Kelola Rakyat”, yang diikuti enam lembaga itu dilaksanakan pemilihan kepengurusan Walhi Sulut periode 2020-2024, dimana terpilih aklamasi

sebagai Direktur Eksekutif Walhi – Sulutl Theo Runtuwene.

Direktur Eksekutif Walhi -Sulut, periode 2020 – 2024, Theo Runtuwene menyebutkan Advokasi Walhi Sulut kedepan akan lebih ditingkatkan baik non litigasi dan litigasi, yang tujuannya untuk mewujudkan kedaulatan rakyat dalam pengelolaan sumber daya alam secara adil dan lestari.

“Selain dari pendekatan advokasi, pematangan dan pemantapan program organisasi baik secara internal maupun eksternal menjadi prioritas utama dan akan diopimalisasikan,” ucap Direktur Eksekutif dua periode ini.

BAWASLU TOMOHON

Runtuwene menambahkan, Walhi akan mendorong kebijakan advokasi lingkungan, yang pada prinsipnya terkait dengan keselamatan rakyat dan hak asasi manusia dengan memperkuat kapasitas masyarakat dan pengelolaan sumber daya alam secara berkelanjutan.

“Memperkuat kapasitas warga serta membangun jejaring serta mengedukasi warga, dalam mengontrol kebijakan yang tidak berpihak pada lingkungan,” tandasnya seraya menambah Walhi – Sulut, kedepannya tetap berbasis pada kebutuhan dan kearifan masyarakat lokal

Sementara itu dalam pelaksanaan PDLH, ada enam Lembaga yang tergabung dalam keanggotaan Walhi – Sulut yakni; Yayasan KOFFAS, LBH – Manado, Yayasan Suara Nurani Minaesa (YSNM), LP2S, Kelolah dan Keker.

Turut hadir di PDLH Walhi – Sulut, dihadiri langsung oleh Eksekutif Nasional Walhi, Ahmad Pelor, Dewan Nasional Walhi, Mualimin Pardi Dahlan dan Direktur Walhi Sulawesi Tenggara, Saharudin serta Kepengurusan Walhi Sulawesi Barat, Jansen Walangitan.

Adapun susunan Kepengurusan Dewan Daerah dan Direktur Eksekutif Walhi – Sulut antara lain:

DEWAN DAERAH Walhi – Sulut
• Satryano Pangkey
• Alfonds Wodi
• Mario Golioth
Direktur Eksekutif Walhi – Sulut
• Theo Runtuwene
(alo)

Leave A Reply

Your email address will not be published.