Polres Bitung Gelar Apel Operasi Lilin Samrat 2020

Apel gelar pasukan Operasi Lilin Samrat 2020, oleh Polres Bitung bersama Pemkot Bitung dan unsur Forkopimda dilaksanak unan di depan Kantor Walikota Bitung. (Ist)

BITUNG, (manadotoday.co.id) – Satuan Kepolisian Resort (Polres) Kota Bitung melakukan Gelar Apel Pasukan dengan sandi Operasi Lilin Samrat 2020l di Jalan Samratulangi Depan Kantor Walikota Bitung Kelurahan Bitung Tengah Kecamatan Maesa Kota Bitung, Senin (21/12/2020).

Gelar pasukan yang dilaksanakan dalam rangka meningkatkan sinergitas dan menciptakan rasa aman, nyaman dan damai menyambut hari Natal 2020 dan menyongsong Tahun Baru 2021 ditegah Pandemi Covid-19, bertibdak sebagai Inspektur Upacara Sekretaris Daerah Kota Bitung Dr Audy Pangemanan.

Pangemanan, saat membacakan amanat Kapolri dalam apel gelar pasukan menyampaikan apel gelar pasukan ini sebagai pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin Samrat 2020 dalam rangka perayaan Nat 2020 dan Tahun Baru 2021.

“Operasi lilin samrat 2020 dilaksanakan selama 15 hari mulai dari tanggal 21 Desember 2020 hingga 04 Januari 2021 dengan mengedepankan kegiatan preventif secara humanis serta penegakkan hukum secara tegas dan profesional, tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah Covid-19,” terangnya, Senin (21/12/2020).

Sementara itu, Kapolres Bitung AKBP F.X Winardi Prabowo, SIK usai pelaksanaan apel menyampaikan bahwa personil yang disiapkan untuk operasi lilin samrat 2020 gabungan total keseluruhan TNI Polri, Sat Pol PP dengan Stakeholder yang lain sekitar 200 personil yang tersebar di titik – titik pos pengamanan baik pos pelayanan maupun pos terpadu yang dilaksanakan di tempat – tempat berpotensi menimbulkan kerawanan.

“Operasi lilin kita saat ini bukan hanya melakukan pengamanan terhadap kegiatan masyarakat untuk merayakan natal dan tahun baru tetapi juga menegakkan protokol kesehatan karena di tengah – tengah pandemi Covid 19 dan sampai dengan hari ini Kota Bitung sudah mencapai 834 yang terkonfirmasi positif,” ujar Kapolres.

Lanjut, mantan Kapolres Minsel mengatakan, TNI dan Polri serta Forkompimda ikut bersama – sama bertanggung jawab bersama dengan masyarakat untuk bisa menyelamatkan masyarakat dari pandemi Covid 19.

“Merupakan kewajiban kita bersama ditengah – tengah perayan natal dan tahun baru sama – sama kita artikan sebagai perayaan dengan penuh kesederhanaan, saya berharap masyarakat kota bitung menjauhi dan tidak melaksanakan kerumunan, keramaian, konvoi dalam merayakan natal dan tahun baru karena kita bersama – sama harus bersatu untuk mencegah Covid 19 di Kota Bitung,” tandasnya.

Diketahui sebanyak 4 unit Pos Pam yang disebar di Bitung masing-masing

• Pos Pam Girian: Kecamatan Girian, Pos Pam Pusat Kota Bitung: Kecamatan Maesa

• Kecamatan Bitung Tengah, Pos Pam Ruko Pateten : Kecamatan Aertembaga,

• Pos Pam Batuputih : Kecamatan Ranowulu

Selain itu, ada juga 2 Pos Yan (Pelayanan) yakni Pos Yan :

• Terminal Tangkoko Kelurahan Manembo-Nembo Atas

• Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung termasuk 1 Pos Terpadu yakni Pelabuhan Samudera Bitung.(alo)

Leave A Reply

Your email address will not be published.