Operasi Lalu Lintas, Satlantas Polres Bitung Sasar Truk Bermuatan Lampaui Kapasitas

Satuan Lantas Polres Bitung mengelar penertiban kepada sejumlah truk dan kendaraan roda empat maupun roda dua saat melintasi jalan protokol tanpa memperhatikan dan mematuhi rambu-rambu lalulintas. (Foto: Istimewa)

BITUNG, (manadotoday.co.id) – Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Bitung melakukan operasi penertiban dan sosialisasi pelanggar lalu lintas, Kamis (03/02/2021).

Operasi yang dipimpin langsung oleh Kasat Reskrim Polres Bitung, AKP Awaludin Puhi, menyasar kendaraan truk bermuatan melebihi kapasitas.

Pada operasi tersebut sekitar pukul 16.01 Wita, sejumlah unit Satlantas Polres Bitung, dalam pantauan sejumlah awak media langsung menyelip dan memberhentikan sebuah truk gandengan berwarna oranye dengan nomor polisi DB 8436 QC.

Kasat lantas kemudian langsung mengisyaratkan kepada supir truk untuk turun dan mempersiapkan kelengkapan surat kendaraan.

“Kamu tau kesalahan apa sehingga kami memberhentikan kendaraan anda?,” tanya Awal sapaan akrabnya kepada sang supir.

“Alasannya karena kamu tidak menggunakan mobil pengawalan. Karma muatan anda sudah melebih dari kapasitas!,” lanjutnya.

Sontak saja dari sang supir yang saat itu menggunakan baju merah dari dalam kabin truk dengan nada yang emosi.

“Iya saya tau, pengawalannya ada!,” jawab supir kepada Kasat Lantas Polres Bitung.

Setelah ditanya di mana dan siapa yang mengorder pengawalannya, sang supir tak dapat menjawabnya.

“Apa yang kami lakukan saat ini untuk keselamatan anda dan juga terhadap para pengguna jalan lainnya,” kembali diucapkan Awaludin kepada sang supir.

Sang supir pun tak dapat berbuat banyak, sehingga pihak Satlantas Polres Bitung langsung melakukan penindakan tilang dan mengiring kendaraan truk ke Mako Polres Bitung.

“Kami akan terus memantau dan melaksanakan operasi pada jam-jam kepadatan kendaraan yang melintasi jalan protokol dengan mengabaikan ketentuan lalulintas,” kata Kasatlantas seraya menambahkan operasi penertiban yang dilakukan penting guna keselamatan pengguna lalulintas. (alo)

Leave A Reply

Your email address will not be published.