Seorang Dokter Makan Kotoran Sapi, Klaim Bisa Bersihkan Tubuh, Pikiran dan Jiwa

Seorang Dokter Makan Kotoran Sapi untuk Bersihkan Tubuh, Pikiran dan Jiwa

MANADOTODAY.CO.ID – dr Manoj Mittal, seorang dokter spesialis anak dari Haryana, India, memicu kontroversi di dunia maya setelah muncul videonya sedang makan kotoran sapi.

Pengobatan tradisional India telah lama mempromosikan kotoran sapi sebagai obat banyak penyakit, bahkan dapat mencegah kondisi seperti kanker dan Covid. Tetapi itu jarang dipercayai bahkan dipraktekkan oleh dokter terlatih yang umumnya percaya pada hal-hal seperti sains dan uji klinis.

Dalam video yang baru-baru ini diposting di YouTube dan viral, Mottal terlihat menggigit kotoran sapi dan memuji manfaatnya bagi tubuh, pikiran, dan jiwa manusia.

“Setiap bagian dari Panchagavya yang diperoleh dari sapi sangat berharga bagi umat manusia. Lihat, jika kita makan kotoran sapi, maka tubuh dan pikiran kita menjadi murni. Jiwa kita menjadi murni. Begitu memasuki tubuh kita, itu memurnikan tubuh kita,”kata dr Manoj Mittal dalam video viral yang telah dihapus oleh YouTube.

Dokter anak itu menambahkan bahwa ibunya biasa berbuka puasa dengan memakan kotoran sapi. Ia bahkan mengklaim bahwa wanita yang mengonsumsi kotoran sapi yang tidak lagi membutuhkan operasi caesar saat melahirkan.

Tindakannya itu mendapat tanggapan beragam di media sosial. Sekelompok orang memuji dia karena mempraktekkan pengobatan tradisional India, dan lainnya menuduhnya menghindari logika ilmiah sehingga bisa menyebarkan aksi tidak masuk akal tersebut.

“Dewan Medis India harus memperhatikan hal ini dan mencabut izinnya untuk menjalankan profesi medis. Sebagai dokter anak, dia seharusnya tidak meresepkan gobar untuk anak-anak kecil yang tidak bersalah,” tulis seorang pengguna Facebook.(ryan)