Jalin Hubungan Online, Kakek 80 Tahun Ditipu ‘Wanita Jadi-jadian’ Rp5,8 M

Jalin Hubungan Online, Kakek 80 Tahun Ditipu ‘Wanita Jadi-jadian’ Rp5,8 M (foto: VCG)

MANADOTODAY.CO.ID – Seorang pria berusia 80 tahun di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, Cina, ditipu 2,7 juta yuan atau sekira Rp5,8 miliar oleh seorang ‘wanita’ yang ia temui secara online.

Setelah ditelusuri polisi, kekasih online-nya itu ternyata adalah seorang laki-laki setelah menjalin hubungan selama lima tahun.

Pria bermarga Fang itu bertemu dengan ‘wanita’ tersebut melalui aplikasi chatting pada tahun 2016. ‘Wanita’ itu mengklaim bahwa dia memiliki kedai kopi di Amerika Serikat. Ia bahkan memberi perhatian ekstra serta dibumbui rayuan untuk menipu Fang.

Fang kemudian jatuh ke dalam ‘perangkap cinta’ dan mulai memberikan bantuan keuangan kepada ‘wanita’ itu ketika dia membutuhkan uang untuk investasi dan bahkan untuk membeli mobil.

Dalam lima tahun, Fang telah mentransfer uang dengan total lebih dari Rp5,8 M.

Merasa janggal, anak perempaun Fang melaporkan hal itu ke polisi pada bulan Juni dan setelah penyelidikan, ‘wanita’ itu diketahui sebagai pria berusia 23 tahun yang sebelumnya dipenjara karena perampokan pada usia 15 tahun.

Penipu itu saat ini telah ditangkap oleh polisi.

“Untuk menghilangkan kecurigaan Fang, si penipu menggunakan foto orang lain yang dia unduh dari internet untuk meyakinkan Fang bahwa dia adalah seorang wanita,”kata polisi dikutip dari The Paper, Rabu (14/7/2021).(ryan)