67 Tahun Tak Pernah Mandi, Ilmuan Bingung Saat Periksa Kondisi Kesehatan Kakek Ini

67 Tahun Tak Pernah Mandi, Ilmuan Bingung Saat Periksa Kondisi Kesehatan Kakek Ini (foto: Ist)

MANADO, (manadotoday.co.id) – Seorang pria Iran berusia 87 tahun yang hidup dijalanan dan tidak mandi selama 67 tahun telah membuat para ilmuwan kebingungan dengan kondisi kesehatannya.

Amou Haji sempat viral pada tahun 2014, media menjulukinya sebagai ‘pria paling kotor di dunia’. Pada saat itu, dia tinggal di sebuah desa kecil di provinsi Fars, Iran Selatan. Amou tidak pernah mandi, berpikir itu akan membuatnya sakit. Dia berusia 80 tahun pada saat itu dan tampak dalam kondisi kesehatan yang baik secara keseluruhan, meskipun kebersihan dan kondisi hidupnya dipertanyakan.

Saat ini, satu tim dokter yang dipimpin oleh Profesor Parasitologi Dr Gholamreza Molavi dari Sekolah Kesehatan Masyarakat di Teheran mengunjungi Amou Haji di Desa Dejgah dan meyakinkannya untuk menjalani beberapa tes termasuk tes untuk berbagai bentuk hepatitis, AIDS serta parasit.

Dr. Molavi dan timnya sangat tertarik untuk mempelajari parasit dan bakteri yang mungkin berkembang di tubuhnya yang tidak pernah dicuci. Mereka terkejut karena tidak menemukan bakteri atau parasit penyebab penyakit, kecuali Trichinosis, infeksi yang dalam kasusnya tampaknya tidak menghasilkan gejala.

Penemuan ini sangat mengejutkan mengingat pria berusia 87 tahun itu selain tidak pernah mandi juga secara teratur mengkonsumsi makanan mentah seperti landak dan kelinci, meminum air kotor dari genangan air menggunakan kaleng berkarat yang tidak dicuci, dan dilaporkan merokok kotoran hewan kering jika tidak memiliki tembakau.

“Kami percaya bahwa satu-satunya penjelasan logis untuk hasil tes adalah bahwa Amou Haji telah mengembangkan sistem kekebalan yang sangat kuat selama beberapa dekade hidup dalam kondisi yang sebagian besar manusia tidak mampu bertahan,”ungkap Dr Gholamreza Molavi.(ryan)