Waduh, Ada Asteroid Seukuran Menara Eiffel Bergerak Menuju Bumi

Waduh, Ada Asteroid Seukuran Menara Eiffel Bergerak Menuju Bumi (foto: Ist)

MANADOTODAY.CO.ID – Sebuah asteroid seukuran Menara Eiffel sedang menuju ke arah bumi dan akan mencapai titik terdekatnya sebelum Natal.

4660 Nereus diklasifikasikan sebagai asteroid yang berpotensi berbahaya dan akan menimbulkan dampak yang menghancurkan jika menabrak Bumi.

Tapi monitor asteroid NASA telah mengkonfirmasi itu tidak menimbulkan ancaman bagi umat manusia, meskipun lebih besar dari 90 persen dari asteroid lain yang dekat dengan Bumi.

Bergerak dengan kecepatan 6,578km/detik, Nereus hampir 11 kali lebih cepat dari kecepatan tertinggi jet tempur F-16.

Pada 11 Desember, itu akan melintas dalam jarak 3,9 juta kilometer dari Bumi – hanya 10 kali jarak antara kita dan bulan.

Kemudian akan bergerak lebih jauh ke 23 juta kilometer pada lintasan berikutnya sebelum mampir untuk pertemuan jarak dekat lainnya hanya 1,2 juta kilometer pada tahun 2060.

Nereus adalah asteroid kelas Apollo yang melintasi jalur bumi saat mengorbit matahari. Ini pertama kali diamati pada 30 September 1981 menurut situs web Space Reference.

Menurut Mirror, Jepang pernah berpikir untuk mengirim pesawat luar angkasa Hayabusa untuk memeriksa Nereus. Bahkan NASA berencana untuk mencapai asteroid seluas lebih dari tiga lapangan sepak bola dengan wahana Robotic Asteroid Shoemaker Rendezvous.(*/ryan)