Tanpa Jaga Jarak dan Masker, Inggris Akan Uji Coba Konser yang Dihadiri 5.000 Orang

Sebelum Inggris, Barcelona sudah melakukan hal serupa lebih dulu (foto: Ist)

MANADOTODAY.CO.ID – Pemerintah Inggris akan melakukan uji coba konser musik luar ruangan yang dihadiri 5.000 orang dengan tidak menerapkan protokol jaga jarak.

Promotor musik Inggris Festival Republic akan mengadakan konser luar ruangan di Sefton Park di Liverpool, Inggris, pada 2 Mei yang dihadiri 5.000 orang tanpa jaga jarak atau persyaratan untuk memakai masker.

Meski begitu, peserta konser harus lolos rapid test terlebih dulu.

Konser percontohan ini adalah bagian dari program penelitian untuk menetapkan bagaimana semua tempat, termasuk stadion olahraga, teater, tempat pernikahan, pusat konferensi dan klub malam, dapat beroperasi dengan aman meski di tengah pandemi Covid-19.

Menurut pernyataan dari Pemerintah Inggris, para peneliti akan memeriksa pergerakan dan perilaku kerumunan dengan uji coba ilmiah pertama dimulai pada 3 Mei di Kejuaraan Dunia Snooker di Sheffield Crucible Theatre di Inggris Utara yang menghadirkan 1.000 orang.

“Kami selangkah lebih dekat ke acara live di musim panas ini, sekarang program sains kami sedang berlangsung. Menguji pengaturan yang berbeda dan melihat mitigasi yang berbeda adalah kunci untuk memunculkan kerumunan orang dengan aman,”kata Sekretaris Kebudayaan Inggris Oliver Dowden dikutip dari CNN, Minggu (18/4/2021).(*/ryan)