Inilah Klee Kai, Anjing Husky Versi Mini yang Tergolong Langka

Temui Klee Kai, Anjing Husky Versi Mini yang Tergolong Langka (foto: Facebook)

MANADOTODAY.CO.ID – Klee Kai – secara harfiah berarti “anjing kecil” dalam dialek asli Alaska – adalah jenis anjing cukup baru yang dibiakkan sebagai versi yang lebih kecil dari Husky Alaska.

Husky adalah salah satu ras anjing paling populer di dunia, tetapi bukan rahasia lagi bahwa tubuh mereka yang berukuran sedang hingga besar sering merepotkan pemiliknya. Untungnya, anda akan senang mengetahui bahwa ada yang namanya husky mini.

Dikembangkan pada tahun 1970-an oleh peternak Alaska, Klee Kai adalah versi yang jauh lebih kecil dari Alaskan Husky.

Keturunan Klee Kai dikaitkan dengan Linda Spurlin, seorang peternak dari Wasilla, Alaska. Ia dilaporkan menemukan Husky Alaska yang kurang berkembang dan kemudian mengawinkannya dengan Siberian Husky, American Eskimo dan Skipperkes untuk menciptakan jenis mini husky-nya sendiri.

Menurut Wikipedia, meskipun Spurlin dianggap sebagai pencipta keturunan Klee Kai, namun metodenya dianggap kontroversial oleh beberapa orang. Spurlin dikatakan hanya akan memelihara keturunan terbaik dan memusnahkan sisanya yang dia anggap gagal.

Anjing Klee Kai tersedia dalam tiga ukuran – mainan, miniatur, dan standar – dengan bobot mulai dari kurang dari 4kg hingga sekira 9kg. Mereka sangat aktif dan gesit, serta mereka bertulang tebal meski ukurannya kecil.

United Kennel Club mengakui jenis Klee Kai Alaska pada tahun 1997, tetapi husky mini ini menjadi keturunan anjing yang sangat langka, dengan hanya sekira 700 spesimen.(*/ryan)