Wali Kota Tomohon: Kesetaraan Gender Perkuat Kemampuan Negara untuk Kurangi Kemiskinan

Tomohon, pengarusutamaan gender, Jusak ST Pandeirot
Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Jusak ST Pandeirot SPd MM saat membuka kegiatan mewakili wali kota

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Wali Kota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk SH mengungkapkan, kesetaraan gender akan memperkuat kemampuan negara untuk mengurangi kemiskinan dan mengakhisri kesenjangan ekonomi.

Hal itu dikatakan wali kota melalui Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Jusak ST Pandeirot SPd MM saat membuka Koordinasi dan Sinkronisasi Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender Kewenangan Pemerintah Kota Tomohon Kamis (16/9/2021) di Rumah Dinas Wali Kota.

Saat membuka kegiatan, Pandeirot yang membawakan sambutan Senduk mengatakan, pada dasarnya gender merupakan persoalan pokok suatu tujuan pembangunan.

‘’Mempromosikan kesetaraan gender adalah bagian utama dari strategi pembangunan dalam rangka memberdayakan masyarakat guna mengentaskan kemiskinan dan upaya peningkatan taraf hidup masyarakat secara kompleks,’’ kata Pandeirot.

Melalui pandeirot, Senduk berharap ke depan ada sinkronisasi dalam setiap program dan kegiatan yang ada di perangkat daerah dengan melihat dan merespon kesetaraan gender sesuai dengan kebutuhan perangkat daerah masing-masing.

‘’Ke depan, baik laki-lai maupun perempuan akan terlibat dalam proses pembangunan guna terwujudnya keadilan dan kesetaraan gender,’’ kata Pandeirot.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dr John D Lumopa MKes mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman serta mengevaluasi kembali penerapan pengarusutamaan gender dalam menunjang pembangunan yang ada di Kota Tomohon.

‘’Kami ingin memperoleh data dan informasi dari perangkat daerah

Kegiatan ini juga bertujuan antara lain untuk memperoleh data dan informasi sudah sejauh mana pelaksanaan pengarusutamaan gender di perangkat daerah baik program maupun kegiatan yang dilaksanakan,’’ ujar Lumopa.

Narasumber pada kegiatan tersebut, dari unsur Akademisi Willem Tumbuan SE MSc PHd yang sehari-harinya mengajar di Fakultas Ekonomi Unsrat. Sedangkan peserta kegiatan adalah para dekretaris dinas/badan perangkat daerah. (ark)

Leave A Reply

Your email address will not be published.