Wali Kota Tomohon Ajak Generasi Muda Refleksikan Nilai-nilai Pancasila

Caroll Joram Azarias Senduk, Pancasila  Tomohon
Wali Kota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk SH saat membuka kegiatan sekaligus membawakan materi

TOMOHON, (manadotoday.co.id)–Wali Kota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk SH mengajak generasi muda untuk merefleksikan nilai-nilai Pancasila untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang tangguh di masa kini dan bangsa yang tangguh di masa yang akan datang.

Hal itu dikatakan wali kota saat membuka dan membawakan materi pada sosialisasi Pembumian Pancasila dengan Tema ”Pembumian Pancasila dan Generasi Milenial”.

Kegiatan yang dilaksanakan di Welu Cafe n Resto Tomohon Rabu (11/5/2022) oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Tomohon diikuti para generasi muda termasuk siswa.

Menurut wali kota, selama ini upaya yang dilakukan lebih fokus pada hasil akhir dan mengesampingkan integrasi sosial budaya dan pelestarian lingkungan.

”Ini kurang sejalan dengan konsep pembangunan berkelanjutan yang menyelaraskan potensi sumber daya alam dengan sumber daya manusia. Nah, saat ini adalah waktunya merancang keseimbangan baru yang mengedepankan kemajuan semua kelompok masyarakat dan memprioritaskan konservasi alam,” kata Senduk seraya mengatakan Pancasila akan berperan sebagai titik berangkat sekaligus tujuan pembangunan bangsa dan negara.

Pancasila, Caroll Joram Azarias Senduk, Tomohon
Peserta kegiatan Pembumian Pancasioa di Kota Tomohon

Ditambahkan wali kota, kebangkitan dan kemajuan bangsa dan keluar dari pandemi ditentukan oleh kemerdekaan anak-anak Indonesia untuk mengembangkan potensinya sendiri dengan kemampuan dan panggilan hatinya.

”Sebagai generasi muda, marilah menjadi pendorong dalam memajukan Kota Tomohon maupun Indonesia oasa umumnya dalam berbagai aspek,” ajak wali kota.

Selain Wali Kota Caroll Joram Azarias Senduk SH, turut memberikan materi Wakil Wali Kota Wenny Lumentut SE.

Kepala Badan Kesbangpol Kota Tomohon Ronni Lumowa SSos MSi mengatakan, maksud kegiatan adalah menumbuhkan kembali rasa cinta terhadap tanah air dengan mengimplementasikan Pancasila dan UUD 1945 sebagai Dasar Negara.

Sedangkan tujuan kegiatan adalah membina dan membentuk masyarakat Indonesia terlebih khusus masyarakat Kota Tomohon yang berkepribadian, berakhlak mulia, disiplin, terampil berdasarkan pengamalan Pancasila dan UUD 1945.

Peserta kegiatan adalah generasi muda termasuk siswa dan siswi SMP dan SMA se-Kota Tomohon dengan narasumber Dr Julien Biringan MSi, Lektor Kepala Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Manado (Unima) serta Pemerintah Kota Tomohon. (ark)

Leave A Reply

Your email address will not be published.