TV Analog ke TV Digital, Keluarga Miskin Terima STB Gratis

TV Digital, Kominfo, Maya Kainde
Maya Kainde SH MAP, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Minahasa

MINAHASA, (manadotoday.co.id)—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa melalui Kepala Dinas Komunikasi di Informatika Maya Kainde SH MAP mengungkapkan, mulai 2 November 2022, TV Ana,og akan berganti ke TV Digital. Masyarakat tergolong miskin akan memperoleh Set Top Box (STB) gratis agar bisa menyaksikan siaran TV Digital.

Dengan menggunakan STB kata Kainde, untuk enikmati tayangan TV Digital masyarakat tidak perlu menggunakan jaringan internet karena jaringan TV Digital bersifat Free To Air (FTA) dengan kata lain siaran dipancarkan tanpa bayaran alias gratis.

Siapa saja penerima STB gratis? Menurut mantan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Minahasa ini, penerima terdaftar sebagai rumah tangga miskin, memiliki TV Analog dan menikmati siaran TV Terestrial. ‘’Penerima harus berada di lokasi yang bisa terjangkan suaran TV Digital, bersedia menerima dan memanfaatkan bantuan STB. Tiap satu rumah tangga miskin menerima satu STB,’’ jelas Kainde seraya menambahkan penerima harus tergolong kurang mampu dan telah terdaftar di Data Pensasaran Percepatan Pengurangan Kemiskinan Ekstrem (P3KE).

P3KE berbentuk data by name by address yang sudah diverifikasi. Kemudian sudah disesuaikan dengan sumber berbagai data. Seperti dari data BKKBN, DTKS, Kependudukan Kemendagri dan BPS.

“Kabupaten Minahasa sementara melakukan verifikasi dan validasi data penerima manfaat untuk keluarga miskin di pemerintah desa. Hal itu untuk memastikan penerima manfaat adalah sesuai dengan data P3KE dan betul merupakan keluarga yang berhak dan layak sesuai dengan 5 kriteria penerima STB ” kata Kainde.

Siaran TV Digital menggunakan STB tambah Kainde, sangat menguntungkan karena gambar maupun suaranya lebih jernih dan bersih. (ark)

Leave A Reply

Your email address will not be published.