Tomohon Selatan Masih Dominasi Kasus Covid-19 di Tomohon

Foto: Ist
Foto: Ist

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Hingga Minggu (12/7/2020), kasus Covid-19 di Kota Tomohon berjumlah 134, didominasi Kecamatan Tomohon Selatan dengan 45 kasus, disusul Tomohon Utara dengan 26 kasus, Tomohon Barat 24 kasus, Tomohon Tengah 22 kasus serta Tomohon Timur 17 kasus.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak CA yang juga Wali Kota Tomohon melalui juru bicara Yelly Potuh SS berharap, masyarakat yang telah dan akan dihubungi oleh Dinas Kesehatan Kota Tomohon kiranya dapat bersikap kooperatif atau bekerja sama dengan baik untuk mengikuti semua prosedur dan protokol yang telah ditetapkan, demi kebaikan bersama.

‘’Gugus tugas meminta kerja sama yang baik dari semua pihak untuk tidak menyebarluaskan informasi, data atau berita berkaitan dengan penanganan dan penyebaran Covid-19 di Kota Tomohon jika informasi data atau berita tersebut bukan berasal dari informasi resmi yang telah terverifikasi oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah Kota Tomohon,’’ ujar Potuh.

Selanjutnya, merujuk pada Surat Edaran Menteri Kesehatan nomor HK.02.01/MENKES/199/2020 tentang Komunikasi Penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) tertanggal 12 Maret 2020 yang menyatakan bahwa data dan identitas pasien tidak disebarluaskan ke publik, maka gugus tugas juga meminta kerja sama yang baik dari semua pihak untuk tidak mempublikasikan data dan identitas diri pasien Covid-19 kepada masyarakat luas.

‘’Tetap waspada, taati iimbauan pemerintah dan tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Meskipun kita telah memasuki era new normal atau hidup normal yang baru. New normal tidak berarti kita kembali ke kehidupan normal seperti sebelum adanya pandemi Covid-19, namun kita menjalani pola hidup baru yang penuh kewaspadaan dan kehati-hatian, kehidupan masyarakat yang produktif namun aman dari Covid-19,’’ tukasnya.

Ditambahkannya, untuk menghindari penyebaran Covid-19, hendaknya tetap menjaga jarak fisik dengan orang lain, memakai masker saat beraktifitas di luar rumah, mencuci tangan pakai sabun di air mengalir atau menggunakan hand

sanitizer sebelum menyentuh bagian wajah terutama mata, hidung dan mulut, tingkatkan imunitas tubuh dengan cara makan makanan yang bergizi, mengonsumsi vitamin seperlunya, istirahat yang cukup, berolahraga secara teratur dan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Serta menghindari kerumunan atau berkumpulnya orang dalam jumlah banyak baik di dalam maupun di luar ruangan termasuk di lokasi perkebunan. (ark)

Leave A Reply

Your email address will not be published.