Tangani Inflasi, TPID Pemkab Minahasa Lakukan Sejumlah Langkah Strategis

Minahasa, TPID, Lynda Deasy Watania
Di bawah kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Minahasa, TPID terus lakukan langkah strategis

MINAHASA, (manadotoday.co.id)—Sejak dibentuk tahun 2022 lalu sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Bupati Minahasa Nomor 36/2022, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) telah melakukan sejumlah langkah strategis.

Untuk menunjang kinerja TPID, juga telah dibentuk Satuan Tugas (Satgas) Ketahanan Pangan melalui SAK Bupati Nomor 493/2022.

Langkahg-langlah strategis yang dilakukan TPID diawali rapat koordinasi yang dilaksanakan tiap bulan, pemantauan dan monitoring harga di pasar tradisional, ritel modern dan sentra produksi pangan.

Operasi pasar murah yang digelar Maret 2022 lalu juga menjadi salah satu langkah yang dilakukan TPID. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengatasi kelangkaan minyak goreng. April 2022 operasi pasar dalam rangka Idul Fitri.

Pasar murah dilanjutkan di November dan Desember 2023 sebanyak 5 kali dalam rangka menyambut Natal dan Tahun Baru. Kerja sama dengan perbankan dan menjadi fasilitator Kredit Usaha Rakyat (KUR) menjadi bagian penting yang dilakukan TPID.

Di akhir tahun 2023 melalui Instruksi Bupati nomor 3 tahun 2022, tentang Gerakan Menanam Pangan Cepat Panen. Menerbitkan Surat Edaran Bupati nomor 611/BM-1X-2022, tentang Gerakan Tanam Pangan Cepat Panen untuk pimpinan BUMN dan BUMD serta menerbitkan Surat Edaran Bupati nomor 612/BM-lX-2022, tentang Gerakan Tanam Pangan Cepat Panen untuk tokoh agama dan jemaat/umat.

Di tahun 2023 ini, TPID melanjutkan Satgas Ketahanan Pangan serta pembuatan Posko Satgas Ketahanan Pangan. Melaksanakan rapat koordinasi TPID setiap bulan dan rapat koordinasi bersama TPID Provinsi.

Mengikuti Rakornas TPID yang dilaksanakan oleh Kemendagri setiap pekan pada hari Senin secara hybrid. Pelaksanaan Rakor TPID Pemkab Minahasa, sudah dilaksanakan sebanyak dua kali pada hari Rabu tanggal 8 Maret 2023, dipimpin Kepala Dinas Perdagangan dan diikuti Forkopimda dan anggota TPID.

Senin (13/3/2023), melaksanakan Inspeksi Mendadak (Sidak) di pasar dipimpin langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Dr Lynda Deasy Watania MM MSi diikuti Asisten Pemerintahan dan Kesra, Asisten Administrasi Umum dan anggota TPID Kabupaten Minahasa.

‘’Kegiatan-kegiatan seperti ini akan terus kami lakukan untuk memantau dan memonitor harga-harga bahan pokok di pasar. Banyak lagi kegiatan yang kami lakukan dalam erangka menjaga stabilitas harga,’’ kata Watania.

Sebelumnya, pada 8 Maret 2023 Tim TPID Kabupaten Minahasa bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang terdiri dari unsur kepolisian, kejaksaan, Kodim melakukan Sidak di Pasar Tondano dan Pasar Remboken.

TPID Kabupaten Minahasa juga terus melanjutkan gerakan menanam di mana pada 11 Februari 2023 mengambil lokasi di Perum Kulo, Desa Kembuan Satu dengan Gerakan GMIM Menanam dan Beternak dibuka Bupati Minahasa Dr Royke Octavian Roring MSi. (ark)

Leave A Reply

Your email address will not be published.