Sosialisasi Permendagri 8/22 di Tomohon, Fatoni Minta Realisasi APBD Dipercepat

Agus Fatoni, APBD, Tomohon, Caroll Joram Azarias Senduk
Dirjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Dr Drs Agus Fatoni MSi membawakan materi dalam sosialisasi

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Dr Drs Agus Fatoni MSi meminta agar realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dipercepat agar uang beredar sehingga ekonomi tumbuh dan berkembang.

Hal itu dikatakan Fatoni saat menjadi narasumber Sosialisasi Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2022 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2023 di Grand Linow Kelurahan Lahendong Kecamatan Tomohon Selatan Sabtu (12/11/2022).

‘’Jika realisasi APBD dipercepat, terjadi perputaran uang. Dengan begitu, perekonomian akan tumbuh dan berkembang,’’ kata mantan Penjabat Gubernur Sulawesi Utara ini.

Dalam materinya, Fatoni mengatakan, dalam pemerintahan, sumber daya manusia sangat penting. Kepala perangkat daerah juga harus memiliki gagasan yang cemerlang dalam melaksanakan visi dan misi kepala daerah.

Di tahun 2023 mendatang lanjut Angkatan 03 Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) ini untuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN) masih memprioritaskan penanganan Covid-19 serta dampak sosiali ekonomi dsan penanganan inflasi.

Peserta sosialisasi diminta untuk meningkatkan kapasitas hard skill dan soft skill, inovasi dan kreativitas serta motivasi diri.

Sementara Wali Kota Tomohon caroll Joram Azarias Senduk SH dalam sambutannya saat membuka kegiatan mengatakan, sosialsiasi ini memiliki makna yang strategis dalam melangkah untuk menyusun APBD tahun anggaran 2023.

‘’Saya berharap kita dapat mengikuti dengan baik sehingga nantinya kita dapat memahami inti materi yang disajikan serta kita mendapat output dan outcome yang sama-sama akan kita raih,’’ katanya.

Hadir dalam kegiatan sosialisasi, Kepala Bagian Umum Sekretariat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Drs Hendra Fitra MSi bersama rombongan, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring SE ME, Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon Drs Jhony Runtuwene DEA dan Erens D Kereh AMKL, Anggota DPRD Kota Tomohon James E Kojongian ST serta Jajaran Pemerintah Kota Tomohon. (ark)

Leave A Reply

Your email address will not be published.