Senator Stefa: Jiwa dan Semangat Mapalus Minahasa Harus Senantiasa Dikedepankan

Stefanus BAN Liow, HUT ke-594 Minahasa, Olly Dondokambey, Royke Octavian Roring
Ir Stefanus BAN Liow MAP

MINAHASA, (manadotoday.co.id)—Anggota Dewan Perwaklan Daerah Republik Indonesia/Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonsia (DPD-RI/MPR-RI) Ir Stefanus BAN Liow MAP mengungkapkan, jiwa dan semangat mapalus Minahasa harus senantiasi dikedepankan dalam kehidupan bermasyarakat agar Minajasa benar-benar bangkit dan lebih sejahtera.

‘’Tanggalkan perbedaan sub etnis, warna-warni politik jika ingin daerah dan masyarakat sejahtera,’’ kata Senator Stefa seraya menambahkan perbedaan merupakan karunia Tuhan yang menyatukan satu sama lain.

Hal itu dikatakan Senator Stefa saat menghadiri peringatan HUT ke-594 Minahasa Sabtu (5/11/2022) yang dilaksanakan di Wale Ne Tou Tondano.

Upacara penganugerahan gelar adat kepada 7 tokoh kawanua yang saat ini memegang jabatan strategis di pemerintahan dan TNI/Polri oleh Ketua Umum Majelis Kebudayaan Minahasa (MKM) Dr Ir Royke Octavian Roring, MSi bersama Tonaas Wangko Um Banua Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE mengingatkannya pada tahun-tahun masa kepemimpinan Bupati Minahasa Drs Karel Lasut Senduk.

Stefanus BAN Liow, MInahasa, Olly Dondokambey, Royke Octavian Roring
Ir Stefanus BAN Liow saat menghadiri pringtatan HUT ke-594 MInahasa Sabtu (5/11/2022)

Kepada sejumlah wartawan, Senator Stefa mengakui bahwa sesungguhnya di masa itu ia sering diikutsertakan dalam berbagai perencanaan dan menyusun konsep di bidang penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, termasuk agenda-agenda kebudayaan.

Pernyataan Senator Stefa diakui Teolog dan Budayawan Sulut Pdt Prof Dr Richard AD Siwu MA PhD di sela-sela Peringatan HUT ke-594 MInahasa. . Menurutnya, Senator Stefa adalah salah satu orang kepercayaan dari Prof Dr Jan Turang di mana bersama dirinya (Pdt RAD Siwu), Pdt Prof Dr Welly Roeroe dan tokoh-tokoh masyarakat/budaya lainnya sebagai Majelis Kebudayaan Minahasa ikut berpartisipasi aktif dalam persiapan dan pelaksanaan acara-acara budaya, termasuk penganugerahan gelar adat.

Stefanus BAN Liow, Richard AD Siwu, Minahasa
Ir Stafanus BAN Liow MAP, Prof Dr Richard AD Siwu dan Ir Daud D Kaunang, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Minahasa di Peringatan HUT ke-594 Minahasa

Stefa yang ketika itu adalah Dosen ITM Tomohon dan Dosen PNS IKIP Manado/Unima Tondano, adalah figur yang dikenal sebagai konseptor dan operator, di mana saat itu masih berusia muda 25 tahun sudah menjadi Tim Penyusun Pola Dasar Pembangunan dan Repelita VI Kabupaten Minahasa, di antara para cendekiawan Unsrat Manado dan IKIP Manado.

Dimasa itu juga, Senator Stefa ikut menggaungkan pembentukan Daerah Otonom Baru (DOB) Kota Tomohon dan Kabupaten Minahasa Selatan.

Rapat Paripurna dalam rangka Hari Jadi Minahasa ke-594 dipimpin Ketua DPRD Minahasa Glady Kandouw, SE serta mendengarkan  sambutan dari Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi dan Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE. (ark)

Leave A Reply

Your email address will not be published.