SBANL: Sosialisasi Empat Pilar MPR-RI Penting dan Strategis Tumbuhkan Wawasan Kebangsaan

Empat Pilar MPR-RI, SBANL, GMIM, LK3G
Senator Ir Stefanus BAN Liow MAP mensosialisasikan Empat Pilar MPR-RI kepada peserta LK3G di Wilayah Tomohon Empat

TOMOHON, (manadotoday
co.id)–Anggota Majelis Pernusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR-RI) dari kelompok Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) Ir Stefanus Berty Arnicotje Nicolas Liow MAP (SBANL) mengatakan, sosialisasi Empat Pilar MPR-RI penting dan strategis untuk menumbuhkan wawasan kebangsaan.

Hal itu dikatakan Senator SBANL saat menjadi pemateri pada kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR-RI di Uluindano Kecamatan Tomohon Selatan, Kota Tomohon, Sabtu (20/11/2021) kepada peserta Latihan Kepemimpinan Kristiani dan Kepelayanan Gereja (LK3G) Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) Wilayah Tomohon Empat.

Menurutnya, wawasan kebangsaan terbilang penting dan strategis untuk ditumbuhkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

”Wawasan kebangsaan mengandung tuntutan suatu bangsa untuk mewujudkan jati diri serta mengembangkan perilaku sebagai bangsa yang meyakini nilai-nilai budayanya yang lahir dan tumbuh sebagai penjelmaan kepribadiannya,” kata Stefa–sapaan akrab Senator Daerah Pemilihan Sulawesi Utara ini.

Wawasan kebangsaan lanjutnya, mengandung komitmen dan semangat persatuan untuk menjamin keberadaan dan peningkatan kualitas kehidupan bangsa dan menghendaki pengetahuan yang memadai tentang tantangan masa kini dan masa mendatang serta berbagai potensi bangsa.

Tuhan Yang Maha Esa menganugerahkan bangsa Indonesia berbagai suku bangsa, bahasa daerah dan agama dengan jumlah penduduk saat ini sekitar 280 juta, terdapat 17.504 pulau serta memiliki keanekaragaman flora dan fauna.

Kepada ratusan peserta yang mengikuti kegiatan, Senator SBANL menjelaskan, Empat Pilar MPR-RI, yakni Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Bangsa, UUD NRI Tahun 1945 sebagai Konstitusi Negara dan Ketetapan MPR RI, NKRI sebagai Bentuk Negara, Bhinneka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara.

Di sesi tanya jawab, sejumlah peserta seperti Dr Flora Krisen dan Hard Sumerah SPd menyampaikan pernyataan, pertanyaan dan usulan.

Ketua Badan Pekerja Majelis Wilayah (BPMW) Tomohon Empat Pdt Daniel Bastian MTh menyatakan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR-RI, di dalamnya membekali peserta dalam menumbuhkan wawasan kebangsaan dari Anggota DPD-RI/MPR-RI Ir Stefanus Berty Arnicotje Nicolas Liow MAP. (ark)

Leave A Reply

Your email address will not be published.