Advertisement

ROR Wakili Indonesia di Webinar Jejaring Global Kepala Daerah Pesisir

Advertisement

RIR, Rare, Indonesia, Minahasa
Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi mengikuti pertemuan Weninar Jejaring Global Kepala Daerah Pesisir

MINAHASA, (manadotoday.co.id)—Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi (ROR) Selasa (6/4/2021) mengikuti pertemuan Webinar Jejaring ke-2 para kepala daerah di pesisir dunia mewakili Indonesia.

Pertemuan Webinar dilaksanakan oleh Rare, organisasi lingkungan nirlaba yang berbasis di Amerika Serikat yang misinya membantu masyarakat mengadopsi perilaku berkelanjutan terhadap lingkungan dan sumber daya alam mereka.

Organisasi ini menggunakan teknik pemasaran dan intervensi teknis untuk mengatasi ancaman seperti penangkapan ikan yang berlebihan dan deforestasi.

Pekerjaan Rare didasarkan pada keyakinan bahwa sebagian besar ancaman yang dihadapi oleh lingkungan adalah hasil dari perilaku manusia dan bahwa mengubah perilaku manusia membutuhkan daya tarik bagi orang-orang yang menggunakan argumen rasional dan emosional serta menghilangkan hambatan apa pun yang mungkin mencegah perubahan.

Indonesia sendiri mewakilkan dua peserta. Selain ROR, ada juga Bupati Buton Sulawesi Tenggara. Selutruhnya ada 10 kepala daerah pesisir dari lima negara yang menjadi peserta pertemuan, antaranya Indonesia, Filipina, Mozambik, Brazil dan Honduras.

Pembicara pada pertemuan Webinar Jejaring Global ke-2 Steve Box dari Rare (Managing Director, Fish Forever) Bersama Senior Director for Programmatic Policy and Government Engagement Rare Indonesia Dr Arwandrija Rukma dan menyatakan terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas partisipasi Bupati Minahasa pada kegiatan Webinar jejaring global kepala daerah pesisir ini.

Ke-10 kepala daerah yang ambil bagian dalam pertemuan webinar tersebut masing-masing dari Honduras Spurgeon Miller, Wali Kota Guanaja, Wilmer Guzmán Wali Kota Iriona, Noel Ruíz, Wali Kota Santa Fe.

Dari Indonesia Dr Ir Royke Octavian Roring MSi Bupati Minahasa Provinsi Sulawesi Utara dan Ahmad Mulia, Kepala Bappeda Kabupaten Buton Provinsi Sulawesi Tenggara mewakili Bupati La Bakry

Dari Mozambik, Lucas Simbine, Administrator Distrik Inharrime di Provinsi Inhambane dan Administrator Distrik Jose Mutoroma dari Dondo Provinsi Sofala.

Dari Brazil, Luciano Gomes, Sekretariat Lingkungan dan Keberlanjutan Pará dan Silvano Costa,  Sekretaris Lingkungan Kotamadya Magalhaes Barata.

Filipina diwakili Wali Kota Jean Te dari Kotamadya Libertad, Antique, Wali Kota Liza Resurreccion Municipality of Pilar, Surigao del Norte dan Wakil Wali Kota Alfredo Coro, Municipality of del Carmen, juga dari Surigao del Norte.

Saat mengikuti webinar, BUpati ROR didampingi Asisten II Ir Wenny Talumewo MSi, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda)  Philip G Siwi SE, Kadis Perikanan dan Kelautan Ir  Lendy Aruperes,  Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Johnny Tendean AP MSi, dan Kabag Umum Lona OK Wattie SSTP.

‘’Kegiatan ini sangat penting untuk kelangsungan lingkungan hidup terutama di pesisir bersama satwa yang ada di dalamnya. Terima kasih atas kepercayaan mewakili Indonesia,’’ tukas ROR. (ark)

Leave A Reply

Your email address will not be published.