ROR: Protokol Kesehatan Harus Tetap Diperhatikan

Royke Octavian Roring, Minahasa, PPKM
Buppati Minahasa Dr Royke Octavian Roring MSi

MINAHASA, (manadotoday.co.id)—Kendati Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) telah dicabut, Bupati MInahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi (ROR) menegaskan, protokol kesehatan harus teap diperhatikan.

‘’Vaksinasi Covid-19 masih tetap berlanjut. Ini untuk menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah terkena Covid-19,’’ kata ROR pekan lalu.

Dikatakan bupati, vaksinasi dilakukan juga untuk menjangkau target menciptakan imunitas kelompok, karena kesehatan itu memegang peranan sangat penting dalam semua aspek.

Pada bagian lain, ROR menyentil soal ketahanan pangan. Menurutnya, untuk mempertahankan ketahanan pangan dan menuju kedaulatan pangan, aktivitas pertanian, termausk perkebunan dan peternakan perlu digalakkan.

‘’Manfaatkan lahan yang tersedia. Jika ada lahan yang sudah tidak digunakan, gunakan untuk bercocok tanam. Jika tidak ada lahan, halaman rumahpun bisa menjadi lokasi bercocok tanam, terutama kebutuhan sehari-hari seperti cabe dan bumbu dapur lainnya,’’ katanya.

Dengan memanfaatkan lahan untuk bercocok tanam, maka kekhawatiran akan terjadi kesulitan pangan di tahun 2023 akan terjawab.

Berkaitan dengan musim saat ini di mana banyak curah hujan, ROR meminta masyarakat MInahasa agar waspada terhadap segala kemungkinan yang terjadi. Jangan membuang sampah sembarangan yang bisa menghambat saluran air yang akhirnya bisa mengakibatkan banjir.

‘’Yang bermukim di daerah rawan bencana agar tidak lengah. Sisa-sisa genangan air baik di tanah maupun wadah agar dibersihkan, karena  bisa mengundang munculnya penyakit demam berdarah,’’ kata bupati. (ark)

Leave A Reply

Your email address will not be published.