Pemprov Sulut Gelar Festival Bunaken 2021

Festival Bunaken 2021, Dinas Pariwisata Sulut, Henry Kaitjili, pulau Bunaken, Judhistira Siwu, Roy Saroinsong,
Kepala Dispar Sulut Henry Kaitjili, didampingi Kepala Bidang Pemasaran Judhistira Siwu, pada Press Conference Festival Bunaken 2021.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) melalui Dinas Pariwisata akan menggelar Festival Bunaken 2021.

Kepala Dinas Pariwisata Sulut Henry Kaitjili mengatakan, untuk kegiatan kali ini akan di pusatkan di pulau Bunaken, atau tidak seperti tahun sebelumnya yang di gelar di pusat-pusat perbelanjaan.

“Intinya adalah bagaimana warga pulau Bunaken bisa terlibat langsung dalam kegiatan Festival Bunaken ini,” ujar Kaitjili, pada Press Conference di Mangatasik Resort, Kamis (25/11/2021).

Sementara Kepala Bidang Pemasaran Dispar Sulut Judhistira Siwu mengatakan, festival bunaken 2021 akan berlangsung 27-28 November 2021 di pulau Bunaken.

“Jadi panitia telah menyiapkan homestay di pulau Bunaken sebanyak 100 rumah,” terang Siwu.

Titik berat isu konservasi dan SDM Pariwisata, ada kegiatan selebrasi tapi yang menjadi kegiatan besar bagaimana jadikan Bunaken Bersih, Lestari dan siapkan orang-orang Bunaken yang punya SDM unggul.

“Semuanya tentang pulau Bunaken. Bahkan tarian Masamper bukan didatangkan dari Kepulauan Sangihe melainkan penarinya warga Bunaken,” kata Siwu.

Sementara Kepala Bidang Pengembangan Kelembagaan Festival Bunaken Roy Saroinsong mengatakan, pada acara pembukaan yang sesuai jadwal akan dibuka langsung Gubernur Sulut Olly Dondokambey, akan di rangkaikan pelepasan tukik, transparansi karang hingga tanam mangrove. Juga ada pelatihan hingga talk show pengembangan periwisata. Sore dan malam ada kegiatan seni budaya.

Ia menambahkan, ada juga pameran produk ekonomi kreatif masyarakat setempat. Nantinya semua peserta akan menginap di Pulau Bunaken dan ada 100 homestay di siapkan. Fokus peserta lokal dan dari Kementerian Pariwisata. Tentunya tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat

“Tentunya kami berharap setelah acara Festival Bunaken ini warga pulau Bunaken bukan hanya menjadi penonton tapi akan menciptakan multiplayer effect bagi warga Bunaken,” jelasnya. (*/ton)

Leave A Reply

Your email address will not be published.