Pemkot Tomohon Tempa Relawan Tanggap Bencana

Tagana, Tomohon, Wenny Lumentut
Wakil Wali Kota Tomohjon Wenny Lumentut SE membuka kegiatan

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Sebagai salah satu daerah rawan bencana, Kota Tomohon harus memiliki manajemen serta personil tenggap bencana yang handal.

Untuk itu, bertempat di Emera Hills Kelurahan Kakaskasen Dua Kecamatan Tomohon Utara Kamis (17/11/2022) dilaksanakan Rapat Koordinasi dan Pemantapan Taruna Siaga Bencana (Tagana) dibuka Wakil wali Kota Tomohon Wenny Lumentut SE.

Dalam sambutannya, wakil wali kota mengatakan kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk sinergitas antara Pemkot Tomohon dengan masyarakat dalam meningkatkan kemampuan penanggulangan bencana.

Tagana, Tomohon, Wenny Lumentut
Wakil Wali Kota Tomohon foto bersama Tagana peserta kegiatan serta narasumber dan Plt Kadis Sosial Kota Tomohon

‘’Relawan Tagana Kota Tomohon ini merupakan ujung tombak penanganan bencana. Melalui kegiatan ini mereka ditenpa melalui pengetahuan teknis dan kemampuan operasional supaya lebih professional, berani, loyal, disiplin  dan bertanggung jawab dalam penanganan bencana,’’ kata Lumentut seraya berharap para relawan Tagana ini bisa meminimaliasi kerugian yang diakibatkan bencana di Kota Tomohon lewat keterampilan mereka.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Kota Tomohon Thomly Lasut SH  sebagai pelaksana kegiatan mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan mengacu pada Peraturan Menteri Sosial RI Nomor 29 Tahun 2012 tentang Tagana.

‘’Untuk mendukung pelaksanaan perlindungan sosial dalam penanggulangan bencana, diperlukan kehadiran Tagana dan setiap anggota di daerah wajib mengikuti pemantapan dasar,’’ katanya.

Narasumber dalam kegiatan tersebut, Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Provinsi Sulut Dr Zulkifli Golonggom MSi. (ark)

Leave A Reply

Your email address will not be published.