Mulai ke Arah Isu SARA, Tokoh Agama Minta Wujudkan Pilkada Damai di Tomohon

Zamroni, Tomohon, NU, SARA
Zamroni Khan, Ketua PCNU Kota Tomohon

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Semakin dekat hari H Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), suasana politik di Kota Religius Tomohon makin panas dan sudah menuju ke erah Isu Suku, Agama, Ras dan Antargolongan (SARA).

KPU TOMOHON

Untuk memenangkan calon tertentu, ada pihak-pihak yang menggiring isu agama yang memojokkan pasangan tertentu yang sama sekali tidak beralasan di media sosial.

Untuk itu, salah satu tokoh agama Tomohon Zamroni Khan meminta agar masyarakat Tomohon jeli dan pandai menggunakan media sosial.

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Tomohon Zamroni Khan menilai, isu SARA jangan sekali-kali digiring dalam Pilkada Tomohon. Sebagai daerah yang telah memperoleh penghargaan Harmoni karena masyaraatnya hidup rukun dan damai di tengah perbedaan, tentunya hal-hal seperti itu bisa mencoreng apa yang selama ini terjalin di Kota Tomohon.

‘’Kalau mau angkat program dan kelebihan calon, silakan. Tapi, jangan melakukan pembusukan atau melecehkan calon lainnya, apalagi sudah masuk pada isu SARA. ITu sama sekali bukan perilaku orang Tomohon yang dikenal ramah dan saling menghargai,’’ ketus Zamroni.

BAWASLU TOMOHON

Senada diungkapkan Cindy Maria Magdalena Rantung MH Pimpinan Organisasi Pemuda Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) yakni Bendahara.

Cindy menyayangkan ada oknum-oknum yang sengaja melempar isu yang bisa berakibat perpecahan dan akan berakibat kerugian yang besar di Kota Tomohon.

SARA, Tomohon, Pilkada, Cindy Rantung
Cindy Maria Magdalena Rantung MH, Bendahara Komisi Pemuda Sinode GMIM

‘’Jangan hanya karena mendukung salah satu calon lalu melempar isu SARA menyerang calon lain. Ini sama sekali bukan perilaku orang Tomohon yang terus menjaga toleransi dan kerukunan antarumat beragama. Marilah kita melaksanakan Pilkada Damai, karena siapapun yang terpiluh nanti adalah pemimpin kita sebagai masyarakat Kota Tomohon,’’ ujar Cindy.

Sebagai Umat Muslim di Kota Tomohon, Zamroni berharap Pilkada 2020 berjalan aman, damai demi kesejahteraan masyarakat Tomohon ke depan.

‘’Terus jaga persatuan dan kesatuan, jangan hanya karena Pilkada lalu masyarakat terpecah-belah. Justru perbedaan pilihan merupakan kekayaan dalam berdemokrasi,’’ tandasnya.

Diketahui, akhir-akhir ini, Calon Wakil Wali Kota Tomohon Virgie Baker SS MSi berpasangan dengan Jilly Gabriella Eman SE MM diterpa isu SARA dalam Akun Facebook Leddy Sangi yang menggunakan foto profil salah satu pasangan calon yang bertarung di Pilkada Tomohon. (ark)

Leave A Reply

Your email address will not be published.