Mantan Gubernur Sulut SHS Tutup Usia

Mantan Gubernur Sulawesi Utara, Sinyo Harry Sarundajang, SHS,
Sinyo Harry Sarundajang (SHS).

SULUT, (manadotoday.co.id) – Mantan Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Dr (HC) Sinyo Harry Sarundajang (SHS) dikabarkan meninggal dunia.

Kabar duka ini diketahui lewat postingan di akun facebook anak kedua almarhum, yang adalah anggota DPR RI dari fraksi PDI Perjuangan, Vanda Sarundajang.

“Terpujilah Tuhan Yesus Sang Empunya hidup dan kehidupan. Tuhan Yesus sangat baik. Selamat Jalan Papaku sayang. Tenanglah dalam pangkuan Bapa di sorga. I love you forever,” tulis Vanda yang menyertakan foto tengah menggenggam tangan almarhum dengan jari yang menempel alat saturasi oksigen.

Mantan Gubernur Sulawesi Utara, Sinyo Harry Sarundajang, SHS,
Postingan anak kedua Alm. SHS, Vanda Sarundajang di akun facebooknya.

Dari informasi yang beredar, almarhum tengah menjalani perawatan di salah satu rumah sakit di Jakarta. Dan mengembuskan nafas terakhirnya pada dinihari Sabtu (13/02/2021).

Namun sampai berita ini diturunkan keluarga belum dapat dikonfirmasi untuk memberikan  keterangannya.

Almarhum yang adalah figur populis ini, lebih dikenal dengan sapaan SHS, merupakan tokoh paripurna yang dimiliki Sulut dengan berbagai jabatan strategis. Yakni, Gubernur Sulawesi Utara dua periode (2005-2015), Gubernur Maluku (2002-2003), Gubernur Maluku Utara (2002), Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia (2001-2005), Walikota Bitung (1986-2000). Bahkan sempat menjabat Sekretaris Kabupaten Minahasa.

Bahkan saat almarhum berpulang, masih menjabat sebagai Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Filipina merangkap Kepulauan Marshall dan Republik Palau, yang dilantik Presiden Jokowi bersama 17 dubes negara-negara sahabat pada Kamis (18/5/2018).

Almarhum meninggalkan satu orang istri, Deetje Laoh Tambuwun dan empat orang anak, masing-masing Vanda, Ifan, Eva dan Fabian. (ton

Leave A Reply

Your email address will not be published.