Kunjungi Mitra, Kapolda Sulut Bersama Bupati JS Pantau Gerai Vaksinasi Massal Covid-19

Kunjungi Mitra, Kapolda Sulut Bersama Bupati JS Pantau Gerai Vaksinasi Massal Covid-19

RATAHAN, (manadotoday.co.id) -Dalam rangka memutus mata rantai Covid-19 perlu adanya kerja sama dari seluruh pihak untuk terus menggencarkan vaksinasi. Kepolisian adalah salah satu instansi yang getor melakukan vaksinasi bagi masyarakat.

Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Drs Nana Sudjana menggelar kunjungan kerja (Kunker) di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) dalam rangka meninjau langsung vaksinasi massal Covid-19 yang digelar oleh Pores Mitra di Wale Lumintang Ratahan, Kamis (2/9/2021).

Kunjungan Kapolda Sulut beserta Kasrem 131/ Santiago Kolonel Arm Frangky J.H. Watuseke, diterima langsung oleh Kapolres Mitra AKBP. Rudi Hartono S.I.K, Bupati Mitra James Sumendap, SH, Ketua DPRD Marti Ole, S.Mn dan Sekda Mitra David H Lalandos, AP.MM.

Sebelum memantau pelaksanaan vaksinasi Covid-19, Kapolda Sulut bersama Bupati memberikan bantuan sosial kepada sejumlah masyarakat serta memantau Pos PPKM di Kelurahan Lowu Utara, Kecamatan Ratahan.

Kapolda Sulut Irjen Nana Sudjana mengatakan, pandemi Covid-19 merupakan pandemi global yang dirasakan di seluruh dunia khususnya di Indonesia.

Untuk Sulawesi utara sendiri pandemi Covid-19 terjadi peningkatan penyebaran signifikan pada bulan Juli hingga Agustus ketika varian Delta masuk.

Dari data sebelumnya, dari Bulan Mei hingga Juni hanya tiga ratusan perbulan penyebarannya, tetapi ketika masuk bulan Juli terjadi peningkatan menjadi 8 ribu dan bulan Agustus terdapat 7.700 penyebaran Covid-19.

“Untuk itu kita harus lawan, dengan melakukan upaya-upaya pencegahan agar masyarakat tidak terkena Covid-19, yaitu dengan melakukan vaksinasi Covid-19,”kata Kapolda di sela-sela lakukan pemantaun vaksinasi covid-19 di Wale Lumintang.

Kapolda pun mengatakan bahwa ada tiga kunci utama yang harus dipegang agar tidak terpapar Covid-19, yang pertama bangimana mampu melaksanakan disiplin protokol kesehatan 5M yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas.

Kemudian kedua yaitu 3T. Yakni, testing, tracing dan treatment. Dan ketiga adalah percepatan vaksinasi massal, yang merupakan kebijakan sangat baik bagi masyarakat yang belum terkena Covid-19, untuk mendatangi gerai-gerai vaksinasi.

“Saat ini baik Pemda, TNI maupun Polri telah membuka gerai di puskesmas-puskesmas kemudian di tingkat provinsi terus melakukan kegiatan vaksinasi- vaksinasi massal di Kabupaten/Kota di Sulawesi Utara. Saya melihat sungguh banyak antusiasme warga masyarakat dalam pelaksanaan gerai vaksinasi cukup tinggi, karena kita divaksin itu untuk mencari sehat,” ujar Kapolda.

Ia menambahkan, vaksinasi tetap terus ditingkatkan dibuat membuat merata di seluruh kabupaten/kota dengan harapan kekebalan kelompok akan dimiliki seluruh masyarakat.

“Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat, saya khawatirkan ada masyarakat yang setelah selesai vaksinasi pertama sudah dianggap selesai. Seharusnya mereka ini dengan waktu tertentu mereka harus melaksanakan vaksin yang kedua, jadi jangan sampai lupa, vaksin kedua itu sangat penting,” pungkas Kapolda Irjen Pol Drs Nana Sudjana.

Dari pantauan, kegiatan vaksinasi dilaksanan dengan protokol kesehatan yang ketat dengan diawasi pihak kepolisian. Peserta diwajibkan memakai masker dan menjaga jarak.

Leave A Reply

Your email address will not be published.