KPU Mitra Segera Varifikasi Faktual Parpol Calon Peserta Pemilu 2024

KPU Mitra Segera Varifikasi Faktual Parpol Calon Peserta Pemilu 2024

TOMOHON, (manadotoday.co.id)- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) segera melakukan verifikasi faktual pengurusan dan keanggotaan partai politik (Parpol) calon peserta Pemilu tahun 2024 di Mitra.

Dikatakan Ketua KPU Mitra Wolter Dotulong, verifikasi faktual tersebut nantinya dilaksanakan bekerja sama dengan pihak kepolisian dalam hal ini Polres Mitra para media serta pemerintah daerah.

“Untuk pengamanan nantinya pada turun lapangan nanti KPU Mitra akan bekerja sama dengan Polres Mitra,”kata Dotulong pada rapat koordinasi verfikasi faktual pengurusan dan keanggotaan partai politik (Parpol) calon peserta Pemilu tahun 2024 bersama stakeholder, NGO dan media di salah satu Hotel di Kota Tomohon, Jumat (14/10/2022).

Ditambahkannya, pelaksanaan verfikasi faktual tidak akan diberitahukan ke Parpol.  Jadi akan dikunjungi nama-nama yang masuk dalam data Sipol.

“Untuk melakukan verifikasi kami tidak akan memberitahukan kepada Parpol, akan datang seperti pencuri mengunjungi nama-nama pengurus, sekretariat serta anggota Parpol yang masuk dalam data Sipol,”ungkap Dotulong.

Dotulong pun mengajak agar stakeholder yang ada untuk dapat bekerja sama agar Pemilu bisa berjalan dengan baik.

Sementara Wakapolres Mitra Kompol Aidit Djafar, S.H., M.H. mengatakan, pada Pemilu 2024 mendatang, pihaknya akan memelihara pengamanan, ketertiban, menegakan hukum, serta memberikan perlindungan pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka terpeliharanya keamanan.

“Dalam menghadapi Pemilu 2024 sebagai pengayom masyarakat, pihak Polres bekerja sama dengan KPU sebagai penyelenggara serta Bawaslu akan lakukan pengamanan dan ketertiban agar Pemilu 2024 di Mitra berkualitas,”jelas Djafar saat memberikan materi.

Selain itu Kaban Kesbang Pol yang diwakili Kabid Selvie Ephi menyatakan, pemerintah daerah memberikan apresiasi kepada KPU serta akan selalu memberikan dukungan serta mendukung apa yang menjadi kegiatan dari KPU.

“Pemkab Mitra akan selalu memberikan dukungan kepada KPU, karena suksesnya penyelenggaraan Pemilu merupakan suksesnya roda pemerintahan daerah, untuk itu Pemerintah Daerah Kabupaten Mitra mendukung sepenuhnya proses penyelenggaraan Pemilu serentak tahun 2024 mendatang,”tandas Selvie.(ten)

Leave A Reply

Your email address will not be published.