KPU Minahasa Mulai Laksanakan Bimtek bagi KPPS

KPU

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Minahasa mulai melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Kelompok Pelaksana Pemungutan Suara (KPP) guna menghadapi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut pada 9 November 2020.

Hal ini diungkapkan Ketua KPU Minahasa Lord Malonda, Senin (16/11/2020). “Bimtek bagi KPPS dimulai hari ini khusus bagi KPPS 1, 3,4, 5, dan digelar dimasing-masing kecamatan berdasarkan jadwal yang sudah diedarkan,” ujar Malonda.

Baca Juga:
1 of 2.711

Bimtek KPPS nantinya akan gelar dalam dua tahap, mengingat jumlah KPPS cukup banyak sehingga peserta Bimtek dibatasi oleh karena protap kesehatan, makanya dibuat dua tahap. Adapun materi Bimtek adalah seputar tata cara persiapan hingga pada pemungutan dan penghitungan surat suara.

Selain itu Pilkada serentak tahun 2020 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dimana Pilkada tahun 2020 diperhadapkan pada Pandemi Covid 19, artinya ada aturan dan ketentuan terkaid protokol kesehatan Covid yang harus di patuhi dan dilaksanakan selama persiapan, pemungutan dan penghitungan surat suara berlangsung.

“Hari ini merupakan tahap pertama. Sedangkan untuk tahap kedua akan dilaksanakan pada akhir November atau awal Desember. Meski masih dalam pandemi Covid 19, tahapan Pilkada harus tetap berjalan mengingat hari H pelaksanaan Pilkada makin dekat. Yang terpenting adalah kegiatan ini dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan Covid 19,” papar Malonda.

Materi Bimtek KPPS diberikan oleh Komisioner KPU guna memastikan materi Bimtek tersampaikan dengan baik dan lengkap kepada KPPS, bukan hanya itu untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tak diinginkan, misalnya keselahan pemahaman KPPS yang berujung pada masalah hukum. (rom)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.