Ketua Komisi III DPRD Tomohon Minta Dinkesda Data Pemegang Kartu Kronis BPJS

Ketua Komisi III DPRD Tomohon Ir Miky JL Wenur MAP
Ketua Komisi III DPRD Tomohon Ir Miky JL Wenur MAP

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Menyikapi berbagai keluhan dan penolakan masyarakat terhadap pemakaman Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 di Kota Tomohon, padahal mereka memiliki penyakit penyerta, Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon meminta agar Dinas Kesehatan Daerah (Dinkesda) Kota Tomohon mendata pemegang kartu kronis di Kota Tomohon.

Selain memberikan edukasi tentang Covid-19, Dinas Kesehatan diminmya mendata warga Tomohon yang mengantongi kartu kronis dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

“Pemerintah Kota Tomohon dalam hal ini dinas kesehatan harus melaksanakan pemantauan secara teratur, terencana kepada masyarakat, terlebih mereka para lanjut usia dan masih pemegang kartu kronis, mengingat dengan penyakit yang tengah diderita sangat rentan,” ujar Ketua Komisi III Ir Miky JL Wenur MAP, Kamis (23/4/2020).

Wenur menjelaskan tersebut dapat dilakukan dengan menggerakkan setiap elemen yang ada. “Di kelurahan-kelurahan ada kader kesehatan yang direkrut dinas kesehatan bahkan dapat dibantu oleh kader KB yang tentunya harus di bawah koordinasi dinas melalui Puskesmas-Puskesmas. Selanjutnya juga diharapkan Pemerintah Kota Tomohon untuk dapat mengadakan tes massal kepada masyarakat terutama yg rentan terpapar Covid-19 ini,” tandas Wenur.

Sebagai representasi masyarakat, Wenur mengimbau agar setiap masyarakat bisa mematuhi anjuran yang ada dan bersama-sama memutus rantai penyebaran virus yang telah menjadi pandemi global ini.

“Tidak ada orang yang ingin terjangkit Covid-19, virus ini mengguncang dunia, semua lapisan masyarakat tak melihat golongan agama, warna kulit, ras, status sosial, karena itu kita semua harus bersatu melawan Covid-19. Kepada saudara, tetangga, atau mereka, baik yang positif Covid-19, PDP, ODP mari kita doakan beri dukungan agar mereka memiliki semangat boleh melewati masa karantina,” tukasnya. (ark)

Leave A Reply

Your email address will not be published.