Jadwal Diinformasikan Lewat SMS, Manado Miliki 39 Lokasi Vaksinasi Covid-19

Ilustrasi Vaksin Covid-19 (foto: Pixabay)

MANADO, (manadotoday.co.id) – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Manado dr. Ivan Marthen menyebut, telah disiapkan 39 fasilitas kesehatan atau lokasi vaksinasi Covid-19 yang tersebar di Kota Manado.

“Kami sudah melakukan rapat koordinasi teknis bersama seluruh stake holder terkait, ada dari Polresta, Kodim, BPJS, Komda KIPI Provinsi Sulawesi Utara dan 39 fasilitas pelayanan kesehatan yang melakukan vaksin. Teknisnya bagaimana sudah kami rapatkan,”ujar dr. Ivan, Selasa (12/1/2020).

Lanjutnya mengatakan, data penerima vaksin diatur secara top-down atau diinformasikan langsung oleh pemerintah pusat kepada masyarakat buka secara bottom-up (diminta oleh masyarakat itu sendiri).

“Nanti penerima vaksin akan diinformasikan lewat SMS Blast, lokasi mana, tanggal berapa dan jam berapa akan divaksinasi,”jelasnya.

Selain itu ia menyebut, pelayanan vaksinasi Covid-19 juga bisa lewat aplikasi Primary Care (P-Care) milik Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

“Semua yang ada BPJS sudah terdata di aplikasi P-Care. Nanti petugas bisa mengakses data penerima vaksin dari aplikasi tersebut,”tuturnya.

Sekadar informasi, Pemerintah Kota Manado lewat Dinas Kesehatan akan melakukan vaksinasi Covid-19 tahap pertama kepada sekira 6.497 tenaga kesehatan (nakes) yang tersebar di Kota Manado.

Vaksinasi akan dimulai secara simbolis pada tanggal 15 Januari 2021.(ryan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.