Insentif Tim Medis Covid-19 Belum Terbayar, RSU MMC Tetap Beri Pelayanan Terbaik

Insentif bagi tim medis Covid-19 di MMC Paal Dua belum direalisasikan hingga kini. Bahkan beberapa bulan sejak Maret 2020, dinyatakan hangus oleh Dinas Kesehatan Provinsi

Ronald Ciakaren

MANADO, (manadotoday.co.id) – Instruksi Presiden Joko Widodo untuk memberikan insentif kepada tim medis yang merawat pasien Covid-19 nampaknya belum menyentuh semua rumah sakit, terlebih Gugus Tugas yang ada di Rumah Sakit Swasta.

RSU Manado Medical Center (MMC) yang terletak di Jalan Rajawali Paal Dua sejak Pandemi Covid Melanda Sulut sekitar bulan Maret 2020 telah melayani pasien Covid khususnya Gugus Tugas setempat. Namun sangat disayangkan, insentif bagi tim medis Covid-19 di MMC Paal Dua belum direalisasikan hingga kini. Bahkan beberapa bulan sejak Maret 2020, dinyatakan hangus oleh Dinas Kesehatan Provinsi yang menangani pembayaran insentif.

Beberapa perawat yang ditemui wartawan mengaku hingga kini belum menerima insentif dari pemerintah. Padahal mereka sudah bekerja keras melayani pasien Covid dengan mempertaruhkan nyawa. Mereka meninggalkan anak anak dan keluarga hanya untuk melayani pasien Covid-19, artinya tidak dibolehkan pulang ke rumah agar tidak berbahaya bagi keluarga dan masyarakat sekitar.

“Tapi apa yang didapat, pengabdian kami tidak dianggap oleh [pemerintah. Apakah karena kami bekerja di rumah sakit swasta sehingga diperlakukan berbeda, karena kami dengar teman-teman kami yang bekerja di rumah sakit lain sudah beberapa kali meneriman insentif, tapi kami sendiri belum pernah sama sekali,” kata seorang perawat dengan nada sedih.

Lebih parah lagi saat Covid-19 booming, RSU MMC yang paling banyak merawat pasien Covid 19 dengan segala resiko yang ada. Fasilitas penunjang diperbaiki, ruang isolasi disiapkan dengan baik.

“Setiap hari pernah sampai 70 pasien covid yang harus kami tangani,” kata mereka meyakinkan.

Direktur RSU MMC, dr Ronald Halim Ciakaren ketika ditemui wartawan mengatakan, soal insentif adalah urusan Dinas Kesehatan.

Baca Juga:
1 of 2.191

“Memang benar insentif tim medis Covid 19 di RSU MMC belum dibayarkan hingga kini. Kami sudah berusaha bolak balik Dinas Kesehatan namun belum ada realisasi. Meski begitu, tidak menurunkan kualitas pelayanan kepada pasien. Tim medis tetap bekerja seperti biasa demi menyelematkan nyawa manusia,” kata Ciakaren.

Dikatakan, musim Pandemi Covid-19 ini, RSU MMC Manado tetap memberikan pelayanan terbaik bagi para pasien. Rumah sakit di Jalan Rajawali Paal Dua Manado ini, bahkan semakin mendapat kepercayaan masyarakat untuk urusan kesehatan. Buktinya, ruangan UGD dan kamar rawat inap di rumah sakit tersebut, full dengan pasien.

“Sudah menjadi tugas dan tanggung jawab rumah sakit untuk senantiasa memberi pelayanan terbaik. Bukan cuma kepada pasien, tapi juga kepada keluarga pasien,” ujar dokter spesialis penyakit dalam ini.

Pasien atau keluarga pasien dalam situasi ini, sering salah kaprah ketika mendapatkan penjelasan medis dari dokter atau perawat.

“Ada pasien yang langsung protes atau marah-marah saat pihak rumah sakit meminta untuk diisolasi. Padahal penanganan yang dilakukan memang harus seperti itu, sesuai protap yang ada,” kata dokter muda nan energik ini,

Di masa pandemi katanya, pihak manajemen menyiapkan ruangan khusus untuk pasien umum dan pasien yang punya gejala covid. Ada ruang pemisah atau penyaringan sebelum didistribusikan ke kamar-kamar perawatan.

“Kami sampai membangun ruang UGD di samping gedung yang tadinya tempat parker untuk mengantisipasi lonjakan pasien. Pelayanan di sini memuaskan. Fasilitas kamarnya juga sangat bagus, perawatnya ramah dan makanan yang diberikan sesuai,” ujar Olvie, pasien yang sering berobat di RSU MMC.

Selain itu, pihak Dinkes Manado dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Manado, juga mengakui pelayanan medis rumah sakit sejauh ini berjalan dengan baik.

“Tidak ada komplain atau keluhan pasien dari RS MMC soal pelayanan kesehatan. Ini berarti pelayanan mereka sudah sesuai standar,” kata Kadis Kesehatan Kota Manado, dr Ivan Marthen. (meldi s)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.