Ini Alasan Julyeta P.A Runtuwene (JPAR) Mencalonkan Diri Sebagai Wali Kota Manado

Julyeta P.A Runtuwene (JPAR)

MANADO, (manadotoday.co.id) – Mungkin sampai saat ini masih banyak yang bertanya-tanya atau penasaran mengapa seorang Prof. Dr. Julyeta Paulina Amelia Runtuwene, MS (JPAR) yang besar di dunia akademisi memutuskan terjun ke dunia politik dengan mencalonkan diri sebagai Wali Kota Manado.

Rasa penasaran itu dijawab Bunda Paula sapaan akrabnya, dalam acara talk show di salah satu stasiun televisi ternama di Sulawesi Utara.

Pertama Bunda Paula menjelaskan, dunia akademisi sebenarnya tidak jauh berbeda dengan dunia politik. Dalam akademisi, ada teori yang dikenal dengan nama Triple Helix. Teori ini memiliki tujuan untuk mensejahterakan masyarakat dengan menekankan pentingnya penciptaan sinergi tiga kutub yaitu intelektual, bisnis dan pemerintah.

“Jadi berpikir tentang kesejahteraan masyarakat sebenarnya bukan hanya dalam dunia birokrasi saja, tapi juga akademisi lewat temuan-temuan mereka, mereka berpikir bagaimana intinya masyarakat itu mendapat dampak dari katakanlah dari produk atau temuan mereka,”ujar mantan Rektor Unima itu mengawali pembicaraan.

Baca Juga:
1 of 2.095

Sementara alasan pertama kenapa Bunda Paula mencalonkan diri sebagai wali kota, karena Ia merasa terpanggil untuk melayani masyarakat. Menurut dia, pemimpin adalah pelayan masyarakat, bukan sebaliknya.

“Kedua, karena saya ingin menjawab kerinduan, keinginan dari masyarakat itu sendiri. Sehingga bagi saya, tidak hanya berpikir saya mau, saya terpanggil menjadi pelayan, tapi sudah melewati tahapan di mana kita tahu masyarakat ingin pemimpin seperti apa ke depan, keinginan masyarakat itu seperti apa,”tuturnya.

“Keinginan menjadi pelayan dan (tahu) apa keinginan masyarakat, apa aspirasi mereka, itu sudah disatukan menjadi keputusan untuk siap maju dengan visi dan misi serta program yang ada,”tegas Ketua TP-PKK Kota Manado ini.

Selain itu ungkap Ketua PMI Kota Manado ini, menjadi seorang pemimpin harus benar-benar paham apa sebenarnya keinginan masyarakat. Paham akan keinginan masyarakat itu akan tergambar dalam program-program yang berpihak kepada masyarakat.

“Pemimpin harus paham kebutuhan (masyarakat) dari sektor yang ada, mulai dari kesehatan, pendidikan, ekonomi, infrastruktur, pemerintahan. Pasti jawaban dari kebutuhan masyarakat akan terjawab lewat program-program yang ada,”tukas Julyeta Paulina Amelia Runtuwene (JPAR) yang berpasangan dengan Harley Mangindaan (AiM) di Pilwako Manado.(ryan)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.