Gubernur Olly Buka Musrenbang RPJMD Kota Manado Tahun 2021-2026

Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, Wali Kota Manado, Andrei Angouw, Musrenbang RPJMD Kota Manado,
Gubernur Sulut Olly Dondokambey, bersama Wali Kota Manado Andrei Angouw, Wakil Wali Kota Richard Sualang, Sekdakot Micler C.S. Lakat, Forkopimda Kota Manado, Kepala Bappeda Sulut, pejabat eselon II dan para Camat Kota Manado, pada pembukaan Musrenbang RPJMD Kota Manado tahun 2021-2026.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, membuka Musyawaran Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Manado Tahun 2021-2026, di ruang Serba Guna kantor Wali Kota Manado, Senin (11/10/2021).

Olly dalam sambutan, mengatakan kegiatan ini sangat penting dalam rangka menentukan arah pembangunan selama lima tahun kedepan. Selain itu, sangat strategis untuk mewujudkan sinergitas antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan.

Olly menuturkan, penetapan indikator makro dalam proses perencanaan adalah hal yang penting bagi pembangunan daerah.

“Penting dalam proses penyusunan RPJMD adalah penetapan target indikator makro pembangunan daerah di setiap tahunnya, yang meliputi antara lain laju pertumbuhan daerah, inflasi, kemiskinan dan pengangguran,” ujarnya.

Sementara indikator makro, merupakan pijakan awal pembangunan dalam menjawab tantangan-tantangan yang ada, dengan memperhitungkan semua kondisi internal dan eksternal daerah. Tantangan tersebut antara lain, masalah Pandemi Covid-19 yang mempengaruhi perekonomian daerah, serta masalah banjir dan sampah.

Olly juga memberikan apresiasi kepada Wali Kota Manado Andrei Angouw yang mulai dapat mengatasi permasalahan tersebut.

“Saya lihat ditangan Wali Kota [Andrei Angouw], sekarang sudah mulai bagus,” ungkapnya.

Olly berharap, kedepan pemulihan perekonomian di Kota Manado akan menguat. Sehingga akan berimplikasi pada kemajuan pesat di Kota Manado, dan topangan besar Kota Manado terhadap pencapaian Visi Pembangunan Daerah Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2021-2026, “Menuju Sulawesi Utara Maju dan Sejahtera sebagai Pintu Gerbang Indonesia ke Asia Pasifik”.

Wali Kota Manado Andrei Angouw mengatakan, kegiatan ini merupakan momen rembuk antara pemangku kepentingan demi kemajuan daerah, untuk menentukan RPJMD yang merupakan bintang penuntun dalam menjalankan program kedepan, yang disesuaikan dengan visi-misi Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Olly membuka Musrenbang RPJMD Kota Manado tahun 2021-2026, ditandai dengan Penandatanganan Berita Acara Musrembang RPJMD bersama Walikota Manado, Kepala Bapelitbang Manado, serta Kepala Bapelitbang Sulut.

Hadir dalam kegiatan itu, Wakil Wali Kota Manado Richard Sualang, Sekdakot Manado Micler C.S. Lakat, Forkopimda Kota Manado, Kepala Bappeda Sulut, Staf Ahli Walikota, Inspektur, para Asisten, Kepala SKPD dan para Camat. (*/ton)

Leave A Reply

Your email address will not be published.