Garuda Indonesia Dianugerahi ‘’5 Star Covid-19 Airline Safety Rating’’ dari Skytrax

Garuda Indonesia, Skytrax, Covid-19, Irfan Setiaputra
Garuda Indonesia dapat penghargaan ’’5 Star Covid-19 Airlaine Safety Rating’’ dari Skytrax

JAKARTA, (manadotoday.co.id)—Dinilai sebagai maskapai penerbangan yang menerapkan protokol kesehatan terbaik dalam layanan penerbangan di tengah situasi pandemi Covid-19, Garuda Indonesia diberi penghargaan ’5 Star Covid-19 Airlaine Safety Rating’’.

Penghargaan diberikan oleh Skytrax, sebuah lembaga pemeringkatan penerbangan global independen yang berbasis di Inggris. Pencapaian tersebut diumumkan di laman resmi Skytrax (https://skytraxratings.com/) Senin (28/6/2021).

Dengan penghargaan tersebut, Garuda Indonesia merupakan maskapai penerbangan pertama di Asia Tenggara yang berhasil memperoleh predikat “5-Star COVID-19 Airline Safety Rating” dari Skytrax dan satu-satunya dari 8 maskapai penerbangan di Indonesia.

Dari mana penilaian yang dilakukan Skytrax sehingga Garuda Indonesia memperoleh penghargaan tersebut? Raihan predikat tersebut didasarkan pada proses audit yang dilaksanakan pada Juni 2021,  mencakup keseluruhan aspek keselamatan penerbangan dan penerapan protokol kesehatan oleh maskapai penerbangan, utamanya dalam memberikan pelayanan terbaik selama masa pandemi Covid-19.

Penilaian dilakukan mulai dari tahapan pre, in hingga post flight, seperti kebersihan pesawat, informasi mengenai Covid-19, penerapan physical distancing, ketersediaan hand sanitizer, penyesuaian meal service dan berbagai aspek penunjang lainnya.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengungkapkan, pencapaian ini memiliki arti tersendiri bagi Garuda Indonesia di tengah upaya pihaknya untuk terus beradaptasi menghadirkan layanan terbaik di tengah tantangan krisis kesehatan global yang melanda industri penerbangan dunia.

‘’Kami percaya bahwa esensi dari sebuah keamanan dan kenyamanan penerbangan adalah kepercayaan pengguna jasa atas kualitas layanan penerbangan yang senantiasa terus dihadirkan secara komprehensif,  dalam menjawab kebutuhan pengguna jasa atas pengalaman penerbangan yang aman, nyaman dan sehat di tengah situasi yang penuh tantangan seperti saat ini,’’ kata Irfan Setiaputra.

Pencapaian tersebut lanjut Irfan, menjadi energi dan motivasi bagi pihaknya untuk terus memberikan terobosan dan inovasi layanan terbaik bagi seluruh pengguna jasa, khususnya melalui penerapan protokol kesehatan secara optimal pada seluruh touch point layanan penerbangan.

‘’Karena bagi kami, menghadirkan layanan penerbangan terbaik bagi pengguna jasa adalah prioritas utama,’’ tukasnya.

Sementara Chief Executive Officer (CEO) Skytrax Edward Plaisted mengungkapkan, berdasarkan hasil audit yang telah dilakukan, Garuda Indonesia layak mendapatkan predikat sebagai “5-Star Covid-19 Airline Safety Rating.

‘’Dalam situasi saat ini di tengah pandemi Covid-19, Garuda Indonesia mampu bertahan dan senantiasa berkomitmen dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada pengguna jasa melalui penerapan aspek keselamatan dan protokol kesehatan yang dijalankan secara konsisten, dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh pengguna jasa angkutan udara,’’ tandas Edward.

Sejalan dengan komitmen Garuda Indonesia dalam menghadirkan layanan penerbangan terbaik di masa pandemi, sebelumnya pada tahun 2020 lalu,  Garuda Indonesia juga berhasil menjadi salah satu maskapai penerbangan dunia dengan standar penerapan protokol kesehatan dan keamanan terbaik versi Safe Travel Barometer, yakni lembaga audit independen yang menilai aspek standar penerapan protokol kesehatan dan keamanan maskapai penerbangan global dalam pencegahan penyebaran Covid-19. (*/ark)