DIPA dan TKDD Tahun 2022, Wagub Kandouw: Gunakan Untuk Pertumbuhan Ekonomi dan Sejahterakan Rakyat

Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Steven O.E. Kandouw, DIPA, TKDD, Gedung Keuangan Negara Manado,
Wakil Gubernur Sulut Steven O.E. Kandouw, ketika menyerahkan DIPA dan Daftar Alokasi TKDD Tahun 2022, yang digelar di Gedung Keuangan Negara Manado, Jumat (3/12/2021).

SULUT, (manadotoday.co id) – Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven O.E. Kandouw menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Tranfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) Tahun 2022, yang digelar di Gedung Keuangan Negara Manado, Jumat (3/12/2021).

Diketahui, dari total dana APBN Tahun 2022 yang dialokasikan untuk Sulut, sebesar Rp 8,87 triliun dalam bentuk DIPA yang diserahkan kepada 452 Satker K/L.

Dari keseluruhan alokasi, sebesar Rp.3,19 Triliun dialokasikan untuk belanja pegawai, Rp.3,38 Triliun untuk belanja barang, Rp2,28 Triliun untuk belanja modal, dan sebesar Rp.21,53 Miliar untuk belanja bantuan sosial.

Sementara itu, alokasi TKDD ditetapkan sebesar Rp.13,25 Triliun yang terdiri dari DAU sebesar Rp8,03 triliun, DBH Rp570,33 miliar, DAK Fisik Rp1,76 triliun, DAK Non Fisik Rp1,69 triliun, Dana Insentif Daerah Rp106,60 miliar, dan Dana Desa sebesar Rp1,09 triliun.

Wagub Kandouw dalam sambutannya, mengharapkan Bupati dan Wali Kota agar benar-benar menggunakan alokasi TKDD Tahun 2022 dengan baik, sehingga dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

“Manfaatkan dana ini untuk pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Kandouw juga berharap untuk semua pihak di Sulut, bersama-sama memulihkan ekonomi didaerah, dengan tetap mengedepankan tata kelola pemerintahan yang baik, transparansi dan akuntabilitas.

“Dengan kebersamaan, pastinya segala harapan kita dapat terwujud, perekonomian dapat bangkit, kemajuan dan kesejahteraan rakyat dapat kita capai,” tegasnya. (ton)

Leave A Reply

Your email address will not be published.