DBD Mengancam, Rambitan Ajak Warga Minahasa Terapkan 3M dan Germas

Maya Cinthya Rambitan, DBD, Minahasa
dr Maya Cinthya Rambitan MKes, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa

MINAHASA, (manadotoday.co.id)–Curah hujan tinggi menjadi ancaman penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Minahasa melalui Kepala Dinas Kesehatan dr Maya Chintya Rambitan meminta agar warga waspada dan menerapkan 3 M serta berperilaku hidup sehat melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Menurut dr Maya, jika tidak diwaspadai, DBD bisa menjadi ancaman dan penyakit mematikan. Di awal tahun 2022 hingga 13 Januari ini sudah ada 2 kasus yang diketahui.

”Tahun 2021 lalu, akibat penyakit DBD ada dua kasus kematian. Jadi, jangan pandang enteng dengan penyakit DBD” katanya.

Kasus DBD di tahun 2021 lanjut dr Maya, tercatat ada 113. Jika diwaspadai dengan pencegahan dini, tidak akan sampai meluas.

Pencegahan bisa dilakukan melalui peneraoan 3 M yakni menguras, menutup wadah yang digunakan untuk menampung air serta mendaur ulang barang bekas yang bisa menjadi sarang nyamuk.

Cara pencegahan lainnya kata dr Maya, adalah dengan memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, memasang kawat kasa di jendela dan ventilasi, membersihkan lingkungan fab perbiasakan hidup bersih.

”Setiap Puskesmas di Kabupaten Minahasa telah kami siagakan untuk melakukan fogging jika mendesak dibutuhkan,” kunci dr Maya. (ark)

Leave A Reply

Your email address will not be published.