Besar, Peran Balitbangtan Jadikan Tomohon Penghasil Bunga

70 Persen Varietas Berasal dari Balitbangtan

Jimmy Feidie Eman, Metro TV, Tomohon, Balitbangtan
Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak CA dalam program Jelajah Inovasi Balitbangtan Kementerian Pertanian

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Dikenalnya Tomohon sebagai daerah penghasil bunga, tak lepas dari peranan Balai Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak CA mengungkapkan, sejak tahun 2007 hingga kini, 70 persen varietas tanaman hias yang ditanam di Tomohon adalah varietas dari Balitbangtan.

‘’Berbagai inovasi baik on farm ataupun off farm yang dikenalkan oleh Balitbangtan telah mampu membawa Kota Tomohon menjadi daerah yang memiliki penghasilan domestik bruto tertinggi di kawasan Sulawesi Utara,’’ ujar Eman didampingi Kepala Dinas Pertanian Steven Waworuntu SSTP dalam Program Jelajah Inovasi Balitbangtan Kementerian Pertanian yang akan disajikan oleh Metro TV bertempat di Taman Wale Kabasaran Senin (16/11/2020).

Menurutnya, pengembangan usaha budidaya bunga di Tomohon membutuhkan pasar yang berkeadilan. Untuk itulah Pemerintah Kota Tomohon menggelar Tomohon Flower Festival dengan berbagai agenda yang puncaknya dimeriahkan dengan pawai kendaraan hias Toiurnament of Flower.

‘’Dengan iven tersebut, muncul permintaan bunga. Sebagai penyedia, petani diuntungkan. Bukan hanya petani, masyarakat juga memperoleh multiplayer effect,’’ kata Eman seraya menambahkan wilayah pemasaran bunga Tomohon mencakup daerah-daerah di Sulawesi Utara sampai kota-kota besar di Kawasan Timur Indonesia.

Program jelajah inovasi itu sendiri merupakan program publikasi Balitbangtan Kementerian Pertanian yang menyajikan beragam inovasi yang telah dihasilkan dan dirasakan manfaatnya bagi masyarakat Indonesia.

Program tersebut disajikan dengan durasi 20 menit dengan menggunakan format semi dokumenter agar mudah menyentuh dan dapat meningkatkan wawasan pengetahuan masyarakat dan stakeholder terhadap segala perkembangan dalam bidang pertanian. (ark)

Leave A Reply

Your email address will not be published.