Terus Memotivasi dan Ajak Menanam, SBANL Tanam Pohon Seho

Stefanus BAN Liow, DPD-RI, Seho
Bukan hanya mengajak dan memotivasi menanam namun Senator Ir Stefanus BAN Liow MAP (SBANL) juga melakukan penanaman.

TOMOHON,(manadotoday.co.id)–Selain pohon kayu dan buah, Anggota Komite II Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) Ir Stefanus BAN Liow MAP (SBANL) menanan pohon Enau atau Seho alias Akel.

Senator Stefanus Liow yang pernah mengetuai Generasi Muda Pencinta Alam (Gemupala) Amurang mengatakan, fungsi pohon Seho secara ekologis adalah sebagai pengawet sumber daya alam terutama tanah dan memiliki kemampuan mengikat air,” kata mantan Ketua Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) saat masih kuliah di Intitut Teknologi Minaesa (ITM).

Di samping kelestarian alam dan lingkungan hidup, tambah Ketua Komisi Pria/Kaum Bapa (P/KB) Sinode GMIM Periode 2014-2018, Seho memberikan banyak manfaat untuk kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

”Semua bagian tanaman ini mulai dari daun, ijuk, buahnya memberikan nilai tambah ekonomi dijadikan gula aren, saguer sebagai minuman kearifan lokal dan banyak manfaat lainnya,” kata Ketua Badan Urusan Legislasi Daerah (BULD) DPD-RI ini.

Bibit Seho tidak sulit didapat karena disediakan oleh pemerintah melalui Balai Pengelolaan Daerah Aliran sungai (BPDAS) Tondano di lokasi Persemaian Modern Batuputih Bitung, di Kima atas dan sejumlah lokasi lainnya. (ark)