Kali Keenam, Pemkot Tomohon Terima Penghargaan Kota Peduli HAM

HAM,, Tomohon, Jimmy Feidie Eman
Pemkot Tomohon diwakili Asisten Administrasi Umum menerima Penghargaan Kota peduli HAM untuk keenam kalinya berturut

MANADO, (manadotoday.co.id)—Pemerintah Kota Tomohon kembali menerima penghargaan sebagai Kota peduliu Hak Azasi Manusia (HAM) yang diterima dalam peringatan Hari HAM Sedunia ke- 72 Tahun 2020 secara virtual dari Aula CJ Rantung Kantor Gubernur Sulawesi Utara, Senin 14 Desember 2020.

Penghargaan diterima Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak CA diwakili Asisten Administrasi Umum Drs Oktavianus DS Mandagi diserahkan mewakili Gubernur Sulawesi Utara Asisten Pemerintahan dan Kesra Edison Humiang didampingi Kakanwil Hukum dan HAM RI Provinsi Sulawesi Utara Bapak Lumaksono.

Pemerintah Kota Tomohon sendiri sudsh keenam kalinya secara berturut memperoleh Kota Peduli HAM.

Peringatan Hari HAM Sedunia ke-72 yang dilaksanakan secara virtual, dihadiri Presiden RI Joko Widodo yang dalam sambutannya menyampaikan komitmen bahwa penghormatan, perlindungan dan pemenuhan HAM menjadi pilar penting bagi Indonesia untuk menjadi bangsa yang lebih beradab, lebih tangguh dan lebih maju. Komitmen kuat Pemerintah dalam penegakan HAM telah dituangkan dalam rencana aksi Nasional HAM 2020-2025.

‘’Hak sipil, hak politik serta hak ekonomi dan sosial serta budaya harus dilindungi secara berimbang dan tidak ada satupun yang terabaikan,’’ kata Presiden Joko Widodo.

Terkait kebebasan beribadah di beberapa tempat, diminta kepada para aparat, pemerintah pusat dan daerah secara aktif dan responsif untuk menyelesaikan masalah ini secara baik, damai dan bijak.

Pembangunan infrastruktur juga harus didedikasikan sebagai prasarana untuk pemenuhan HAM dengan menjamin keterjangkauan hak mobilitas, kesehatan, pangan, kebutuhan dasar yang merata termasuk bahan bakar satu harga.

Demikian halnya dengan pembangunan sumber daya manusia dengan memastikan penurunan kasus stunting serta keterjangkauan pendidikan yang memadai terutama di daerah-daerah terpencil dan pulau-pulau terluar. Secara khusus Presiden memberikan perhatian kepada penyandang disabilitas.

“Kita telah membentuk Komisi Nasional Disabilitas dan berorientasi pada pendekatan HAM,’’ tambah Presiden.

Pada tahun 2020 ini, sebanyak 259 Kabupaten dan Kota, atau sekitar 50,4 persen dari jumlah keseluruhan 514 Kabupaten/Kota di Indonesia, meraih penghargaan kategori Kabupaten dan Kota Peduli HAM termasuk Kota Tomohon.

Peringatan Hari HAM Sedunia ke-72 Tahun 2020 Tingkat Nasional dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Menteri Luar Negeri, Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia, Pimpinan Tinggi Madya Unit Utama, Staf Ahli Menteri, Staf Khusus Menteri, Penasehat Kehormatan Menteri, Pimpinan Tinggi Pratama Unit Sekretariat Jenderal dan para Sekretaris Unit Utama. (ark)