Sulut Terima Bantuan Ribuan Alkes APD Pencegahan Covid-19

alkes ADP
Alkes ADP untuk Provinsi Sulut, tiba di Bandara Sam Ratulangi Manado.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Upaya Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey untuk pencegahan penyebaran Covid-19 atau virus corona, terus dilakukan.

Setelah melakukan lobi ke pemerintah pusat, bantuan Alat Kesehatan Alat Pelindung Diri (Alkes APD) untuk dalam penanggulangan Covid-19, tiba di Bandara Sam Ratulangi Manado, Kamis (26/3/2020).

Ribuan Alkes ADP itu, dibawah Pesawat CN-295/A-2907 Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, yang dipiloti Lettu Pnb Riyo dengan lima orang crew.

Kedatangan alkes tersebut disambut Komandan Lanud Sam Ratulangi Kolonel Pnb Johnny Sumaryana, Kapolda Sulut Irjen Pol Royke Lumowa, Danlantamal VIII Brigjen TNI (Mar) Donar Rompas, Kadis Kesehatan Sulut, Kaban BPBD Sulut, dan perwakilan dari Kodam XIII/Merdeka.

Danlanud Sam Ratulangi Kolonel Pnb Johnny Sumaryana mengatakan, sebelum dilaksanakan loading logistik seluruh barang yang berada didalam bagasi pesawat terlebih dahulu disterilkan dengan menggunakan cairan disinfektan oleh Rumkit Lanud Sam Ratulangi bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Sam Ratulangi.

Selain itu, dilakukan pemeriksaan suhu tubuh dan penyemprotan disinfektan terhadap semua crew pesawat.

“Penyemprotan disinfektan ini sesuaikan dengan prosedur yang berdasarkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Setelah diturunkan dari pesawat, sebanyak 60 koli dimana satu kolinya berisikan 50 APD, atau kurang lebih 3000 APD selanjutnya diserahterimakan kepada Kadis Kesehatan dan Kepala BPBD Sulut sebagai Ketua Gugus Tugas Pengendalian dan Penanganan virus corona (Covid-19) di Sulut oleh Danlanud Sri yang disaksikan oleh Kapolda Sulut, Danlantamal VIII Manado dan perwakilan Kodam XIII Merdeka.

APD tersebut akan langsung didistribusikan ke rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 di RSUP Sulawesi Utara, melalui pihak BPBD.

Diketahui, APD merupakan alat yang berfungsi untuk mengisolasi sebagian atau seluruh tubuh untuk melindungi diri dari bahaya dan resiko kerja bagi petugas kesehatan, terutama dalam penanganan Covid-19.

Setiap personel Lanud Sam Ratulangi pun yang bertugas, disemprot disinfektan. (ton)