Diterima 19 KPM, Pemdes Kumelembuai Satu Realisasikan BLT DD Triwulan 1 Tahun 2023

Diterima 19 KPM, Pemdes Kumelembuai Satu Realisasikan BLT DD Triwulan 1 Tahun 2023

KUMELEMBUAI, (manadotoday.co.id) – Pemerintah Desa (Pemdes) Kumelembuai Satu Kecamatan Kumelembuai, menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tri wulan pertama bulan Januari, Februari dan Maret Tahun 2023.

Bantuan Pemerintah pusat dalam rangka pemulihan ekonomi dan membantu masyarakat menghadapi inflasi akibat pandemi covid-19, diterima oleh sedikitnya 19 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Kamis (1/6/2023).

Penjabat Hukum Tua Desa Kumelembuai Satu Steven Polla SIP, saat penyaluran bantuan tersebut, menjelaskan bahwa mekanisme alokasi anggaran BLT DD di Tahun 2023 sebagaimana Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 201/PMK.07/2022, yaitu paling sedikit 10 persen dan paling banyak 25 persen dari Pagu Dana Desa. Berbeda dengan tahun 2023 lalu yang dialokasikan sebesar 40 persen dari Pagu Dana Desa.

Diterima 19 KPM, Pemdes Kumelembuai Satu Realisasikan BLT DD Triwulan 1 Tahun 2023

“Dan untuk Desa Kumelembuai Satu berdasarkan hasil musyawarah desa antara BPD dan Pemerintah Desa, ditetapkan 19 KPM yang dinilai layak menerima bantuan sesuai kriteria dan aturan yang berlaku,” jelas Polla.

“Setiap KPM menerima Rp 900.000 untuk tiga bulan, ” sambung penjabat hukum tua didampingi Sekertaris Desa Billy Mawitjere dan sejumlah perangkat desa saat penyaluran BLT DD Triwulan I Tahun Anggaran 2023.

Iapun berharap para KPM dapat memanfaatkan BLT DD untuk memenuhi kebutuhan hidup setiap hari. Bukan dibelanjakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat.

“Demikian halnya harapan kami sebagai pemerintah agar seluruh masyarakat akan terus bergandengan tangan menunjang program Pemerintah di bidang Pembangunan, Sosial Kemasyarakatan dan menjaga stabilitas keamanan serta juga menopang program Bapak Bupati Franky Donny Wongkar dan Wakil Bupati Pendeta Petra Yanni Rembang yaitu Marijo Batanam dengan memanfaatkan lahan dan pekarangan,” pungkasnya.

Sementara itu sejumlah KPM menyatakan apresiasi dan terima kasih boleh mendapatkan BLT DD dalam menopang kebutuhan setiap hari.

“Syukur dan terima kasih untuk pemerintah desa yang telah menetapkan kami sebagai KPM. Bantuan ini tentu saja sangat berarti bagi kami dalam menunjang kebutuhan hidup setiap hari,” ujar para KPM yang sebagian besar adalah warga lanjut usia (lansia). (lou)